BMKG Sebut Suara Gemuruh di Bandung Bukan Fenomena Alam

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 12:34 WIB
Suasana kawasan Jalan Merdeka yang ditutup untuk kendaraan di Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/4/2020). Sejumlah ruas jalan protokol di Kota Bandung ditutup sementara dalam rangka pembatasan sosial dan pengurangan titik kumpul warga guna pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/pras.
Suasana Kota Bandung (Foto: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Bandung -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung telah menelusuri suara gemuruh misterius yang kembali terdengar di Bandung. Ada beberapa poin hasil penelusuran BMKG berkaitan dengan hal itu. Apa saja?

Suara gemuruh tersebut terdengar di sekitar wilayah Cibogo, Sarijadi, Kota Bandung pada Senin (26/7) malam sekitar pukul 23.13 WIB. BMKG sendiri langsung melakukan penelusuran begitu menerima informasi.

"Berdasarkan rekaman sismograph, sekitar pukul 23.13 WIB tidak ada aktivitas gempa bumi di wilayah Bandung Raya," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu saat dikonfirmasi, Selasa (27/7/2021).

BMKG juga mengecek ada tidaknya suara petir pada waktu yang sama. Berdasarkan pengecekan, tidak ada aktivitas petir di jam yang sama.

"Berdasarkan monitoring Lightining Detektor sekitar Pukul 23.13 WIB tersebut tidak terdeteksi aktivitas petir," tuturnya.

Begitu juga saat dicek dari data kemagnetan di wilayah Sarijadi. Teguh mengatakan sejauh ini sejak malam hingga pagi tak terjadi gangguan yang signifikan.

"Berdasarkan informasi dari pusdalops BPBD Jawa Barat, sampai saat ini tidak ada informasi ataupun laporan dari masyarakat yang terdampak terkait suara gemuruh tersebut," kata Teguh.

Sebelumnya, Suara gemuruh kembali terdengar di Bandung.. Belum diketahui asal usul suara gemuruh tersebut. Namun, informasi tentang suara gemuruh tersebut viral di media sosial (medsos).

Sebagaimana dilihat detikcom pada Selasa (27/7/2021) pagi, sebuah video yang merekam suasana malam dengan gemuruh viral di medsos. Dalam keterangan unggahannya itu, gemuruh terdengar di kawasan Cibogo, Sarijadi kemarin malam sekitar pukul 23.00 WIB..

Beberapa warga turut berkomentar soal video gemuruh tersebut. Bahkan ada yang mengalami pernah mendengar beberapa kali.

"Akhir2 ini sering terdengar suara gt, dan durasi nya cukup lama. Duka atuh suara naon eta (tidak tahu suara apa itu)," tulis pemilik akun @an********

Simak juga 'Angin Monsun Australia Pengaruhi Cuaca di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)