Terungkap! Ini Sumber Suara Misterius di Langit Bandung

Dony Indra Ramadhan, Yudha - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 16:03 WIB

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung telah menelusuri suara gemuruh misterius yang kembali terdengar di Bandung. Dari hasil penelusuran ilmiah tidak ada tanda-tanda yang mengarah kepada fenomena alam.

"Berdasarkan rekaman seismograph, sekitar pukul 23.13 WIB tidak ada aktivitas gempa bumi di wilayah Bandung Raya," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu saat dikonfirmasi, Selasa (27/7/2021).

BMKG pun mengecek ada tidaknya suara petir pada waktu yang sama. Berdasarkan pengecekan, tidak ada aktivitas petir di jam yang sama.

"Berdasarkan monitoring lightning detector sekitar Pukul 23.13 WIB tersebut tidak terdeteksi aktivitas petir," tuturnya.

Begitu juga saat dicek dari data kemagnetan di wilayah Sarijadi. Teguh mengatakan sejauh ini sejak malam hingga pagi tak terjadi gangguan yang signifikan.

"Berdasarkan informasi dari pusdalops BPBD Jawa Barat, sampai saat ini tidak ada informasi ataupun laporan dari masyarakat yang terdampak terkait suara gemuruh tersebut," kata Teguh.


(yum/bbn)