Testing COVID-19 Cianjur Rendah, Kuota PCR Terbatas-Antigen Diperbanyak

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 11:09 WIB
Ilustrasi Tes Swab
(Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo)
Cianjur -

Target testing COVID-19 harian di Kabupaten Cianjur baru tercapai 50 persen. Bahkan sebagian besar hanya menggunakan swab antigen, sebab kuota test PCR yang sangat terbatas.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Gugus Tugas COVID-19 Cianjur Yusman Faisal, mengatakan target testing harian berupa traching dan tracking penyebaran COVID-19 yakni di angka 5.000 test per hari.

Sayangnya dari target tersebut baru tercapai sekitar 2.500 testing pernah hari.

"Kalau dari capaian testing harian memang jauh, baru sekitar 50 persen dari target," kata dia, Jumat (23/7/2021).

Menurutnya 2.500 testing tersebut sebagian besar menggunakan alat swab test antigen. Hal itu sebabkan kuota PCR untuk Cianjur yang hanya 150 sample per hari.

Akibatnya Cianjur memaksimalkan penggunaan tes antigen untuk melakukan traching dan tracking. Meskipun dengan alat antigen, saat ini belum bisa maksimal.

"Bagaimana mau mengejar target, kita masih mengandalkan Labkesda Jabar untuk PCR, karena belum punya alat, SDM, dan tempat sendiri. Dari Labkesda kita dibatasi, hanya 150 sample per hari dengan tidak berlaku kelipatan. Kalau hari ini tidak mengirim, besok itu tidak jadi 300, tetap saja kuota kita 150 sample," kata dia.

Menurut Yusman, jika penggunaan test antigen ingin dikurangi, maka pemerintah pusat diharapkan bisa membantu daerah untuk menyiapkan tempat tes PCR sendiri.

"Kalaupun tidak, kuota kita ditambah untuk PCR di provinsi. Tidak hanya antigen yang kita kurangi, tapi target test COVID-19 harian kita kejar sampai tercapai 100 persen," pungkasnya.

(mud/mud)