Stok Oksigen Kritis, Bupati Purwakarta Terjunkan Tim ke RSU Holistik

Dian Firmansyah - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 16:13 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika
Foto: Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (istimewa).
Bandung -

Bupati Purwakarta Anne Mustika menerjunkan tim ke RSU Holistik untuk mengecek penyebab kosongnya stok oksigen. Meski begitu saat ini rumah sakit tersebut telah menerima bantuan oksigen untuk memenuhi kebutuhan saat ini.

"Hari ini tim sedang turun ke Rumah Sakit Holistik karena rumah sakit itu sedang dibantu dari kita dari Dinkes Purwakarta kemudian dibantu juga provinsi secara langsung. Kita akan cek kenapa bisa terjadi kekosongan," ujar Ambu Anne sapaan akrabnya, di sela-sela memantau vaksinasi anak di Ponpes AL-Muhajirin, Kamis (22/07/2021).

Anne menyebutkan, pihaknya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta sudah mengirimkan bantuan tabung oksigen sebanyak 16 tabung. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah rumah sakit agar tidak terjadi hal serupa.

"Kita cek setiap hari, Alhamdulillah di rumah sakit lain masih pada posisi aman," katanya.

Selain melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya kekosongan di rumah sakit, pihak Pemkab juga akan menelusuri penyebab terhambatnya pasokan oksigen dari tingkat distributor ke Rumah Sakit Holistik ini.

Sebelumnya diberitakan, kelangkaan oksigen di RSU Holistik sudah sebanyak tiga kali dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Dampak dari kelangkaan itu 14 pasien meninggal dunia.

Simak video '14 Pasien Meninggal di RS Purwakarta Gegara Oksigen Habis, Satgas Turun Tangan':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)