Cegah Pungli di TPU Corona-Tempat Kremasi, RK Minta Polisi Perketat Pengawasan

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 15:35 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Halal bi Halal bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jabar dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar via konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (21/5/2021).
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Humas Pemprov Jabar).
Bandung -

Kasus pungli di TPU Cikadut Bandung hingga isu 'kartel kremasi' tengah menjadi sorotan berbagai pihak. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta aparat kepolisian melakukan pengawasan.

"Ya saya sudah sampaikan kepada kota kabupaten, agar selalu turun ke pemakaman, ke tempat-tempat harus di pulasara baik yang di kubur atau dikremasi," kata Ridwan Kamil di Kantor DPW NasDem Jabar, Kamis (22/7/2021).

Selain itu, Ridwan Kamil juga meminta Kapolda Jabar untuk menerjunkan anggotanya ke tempat-tempat yang berpotensi terjadinya pungli di lokasi pemakaman COVID-19 atau tempat kremasi jenazah COVID-19.

"Kasus di Cikadut jadi pelajaran agar di lapangan (tingkatkan pengawasan)," ujarnya.

Selain itu, Ridwan Kamil meminta Kapolda Jabar agar menyiagakan anggota berseragam di lokasi-lokasi tersebut.

"Solusinya sama, ke Kapolda adalah menempatkan petugas polisi berseragam di tempat-tempat pulasara, sehingga kalau ada yang dirugikan dalam suasana kesedihan mengurus jenazah ada pungli atau apa ada polisi di situ," ujarnya.

(wip/mso)