Positif COVID-19, Sekda Cianjur Dirawat di HCU RSUD

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 12:33 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Cianjur -

Sekda Cianjur Cecep Alamsyah terkonfirmasi positif COVID-19. Gejala yang diderita Cecep membuatnya harus dirawat di HCU RSUD Sayang Cianjur.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Yusman Faisal, mengatakan Sekda Cianjur terkonfirmasi positif usai menjadi swab test beberapa hari lalu.

Sebelum dirawat, Cecep menjalani isolasi mandiri. Namun, lantaran bergejala serta mengalami sesak, ia pun dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

"Sempat isoman, tapi kondisinya memburuk sehingga harus dirawat. Sekarang dirawat di ruang HCU," kata Yusman, Kamis (22/7/2021).

Dia mengaku belum mengetahui apakah Cecep memiliki penyakit komorbid atau tidak. "Kalau komorbid masih dicek, tapi memang mengalami sesak. Dan dari segi usia juga menjadi faktor sehingga harus dirawat," ucap Yusman.

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan dengan terkonfirmasinya Sekda, pegawai di lingkungan sekretariat daerah dan dinas perizinan dilakukan swab test.

"Yang kontak erat sudah dicek. Sekda juga kan merangkap Plt kepala dinas perizinan, jadi yang di perizinan juga dites, tapi semuanya negatif," kata dia.

Herman mengungkapkan Sekda Cecep diduga terpapar dari pegawainya yang sebelumnya juga terkonfirmasi positif COVID-19. "Informasinya ada kepala bidang yang positif dan sempat kontak erat dengan pak Sekda. Tapi masih dilacak terpaparnya dari mana," tuturnya.

Menurut Herman, guna mencegah penyebaran di lingkungan dinas, pihaknya akan melakukan absensi kesehatan. Sehingga yang bekerja hanya yang dalam kondisi sehat.

"Kemungkinan ditetapkan setelah PPKM. Jadi ada absen kesehatan setiap pagi. Semuanya wajib memberitahukan kondisi kesehatan, kalau ada gejala yang mengarah ke COVID-19, diminta untuk istirahat," ujar Herman.

(bbn/bbn)