Nakes Terpapar Corona, Pemkab Majalengka Rekrut 89 Relawan

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 12:27 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Majalengka -

Banyaknya tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar virus Corona membuat Pemkab Majalengka merekrut tenaga relawan yang akan bertugas untuk penanganan COVID-19.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Majalengka Gandana Purwana mengatakan relawan yang akan direkrut ini nantinya bakal membantu tugas nakes yang tengah menjalani isolasi mandiri. "Karena kekurangan tenaga kesehatan, untuk mem-backup yang isoman dan segala macam itu, kita melaksanakan rekrutmen untuk nantinya diperbantukan menangani pasien COVID-19," kata Gandana di kantornya, Kamis (22/7/2021).

Menurut Gandana, ada 89 lowongan yang dibuka dalam rekrutmen kali ini. Jumlah lowongan itu terdiri dari 70 perawat, 8 bidan, 8 analis kesehatan serta masing-masing 1 orang untuk tenaga pengelolaan limbah medis COVID-19, tenaga IT dan pengemudi.

"Kualifikasinya minimal D3 untuk nakes, S1 untuk yang IT dan SMA untuk pengemudi," ucap Gandana sambil menambahkan untuk pengumumannya bisa dilihat di Instagram akun @diskominfo.majalengka.

Mekanisme kerjanya, 89 relawan itu bakal terikat kontrak tenaga sukarela penanggulangan COVID-19 selama lima bulan terhitung mulai 1 Agustus hingga 31 Desember 2021.

Mereka kemudian bakal ditempatkan di Dinas Kesehatan, RSUD Majalengka dan RSUD Cideres dengan masing-masing mendapat upah per bulan Rp 1,8 juta hingga Rp 2 juta plus BPJS kesehatan. "Untuk perawat, bidan, analis dan tenaga pengelolaan limbah medis COVID-19 upahnya Rp 2 juta per bulan. Sementara IT dan pengemudi Rp 1,8 juta," tutur Gandana.

Untuk pendaftaran relawan ini akan ditutup pada Jumat 23 Juli 2021 besok pukul 23.59 WIB. Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi selanjutnya akan mengikuti tes kompetensi bidang berupa ujian praktek dan wawancara.

(bbn/bbn)