Cerita Mahasiswi Bandung Berjibaku Rawat Warga Terpapar Corona

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 08:38 WIB
Mahasiswi Bandung Rawat Warga Terpapar Corona
Mahasiswi Bandung ini tanpa pamrih merawat warga terpapar Corona. (Foto: dok.Regina Jullyan)

Mahasiswi jurusan kebidanan itu bertutur perasaan takut terpapar COVID-19 sempat menyelimuti pikirannya. Perlahan nan pasti ia mampu menepis semua keraguan di dalam dirinya. Ia justru tenggelam makin dalam membantu mereka yang membutuhkan.

Berbekal ilmu dan pengalaman di perkuliahan, ia menyambangi satu persatu kediaman warga di sekitarnya. Tentu ia melengkapi diri dengan Alat Pelindung Diri (APD). Setiap hari ia mengecek kondisi warga yang tengah menjalani isolasi mandiri, mulai dari tekanan darah, suhu badan, hingga saturasi oksigen.

"Jadi tertular atau tidaknya itu sudah menjadi risiko kami sebagai relawan COVID-19. Intinya, insyaallah dengan niat ibadah dan yakin Allah yang akan melindungi kami dari COVID-19 ini apalagi kan kita sudah antisipasi dengan APD dan prokes," tutur Regina.

Banyak hal berkesan yang dialami Regina selama menjalani perannya sebagai relawan. Seperti interaksi pada orang-orang yang tak dikenalnya namun merasa dekat, hingga pasien yang seharusnya dirujuk ke rumah sakit tapi tak diterima lantaran ruang perawatan sudah penuh.

"Itu yang bikin sedihnya. Ada pasien yang dirujuk, tapi tidak bisa menerima pasien karena penuh. Semua yang saya temui sudah seperti saudara, sebisa mungkin akan saya bantu," jelas Regina.

Setahun berlalu, ia berkomitmen akan terus membantu warga di sekitar tempat tinggalnya. "Insyaallah akan terus berlanjut," ucap Regina.


(bbn/bbn)