Cerita Mahasiswi Bandung Berjibaku Rawat Warga Terpapar Corona

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 08:38 WIB
Mahasiswi Bandung Rawat Warga Terpapar Corona
Mahasiswi Bandung ini tanpa pamrih merawat warga terpapar Corona. (Foto: dok.Regina Jullyan)
Bandung Barat -

Tak banyak orang yang rela terjun langsung menangani pasien positif COVID-19. Namun, hal itu pengecualian bagi Regina Jullyan (20). Mahasiswi ini sejak setahun belakangan rela membagi tenaga dan waktunya untuk berjibaku membantu merawat warga terpapar virus Corona.

Gadis asal Kampung Sukarasa, RT 01/05, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB,) itu menepis anggapan jika pasien COVID-19 harus dijauhi atau mendapat stigma.

Secara telaten, mahasiswi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) TNI AU, Bandung, itu merawat warga di sekitar tempat tinggalnya yang berjuang sembuh dari paparan COVID-19. Padahal ia tahu, dirinya berada di bawah bayang-bayang tertular virus tersebut.

Regina mulai mengabdikan diri merawat warga yang terpapar COVID-19 sejak Juni 2020. Kala itu, COVID-19 tengah berkecamuk. Meskipun faktanya setahun lebih ini belum juga terkendali.

"Awalnya saya terpikir dan tergugah buat membantu warga itu ya karena di kampung itu semua pada takut, kalau terpapar akan diasingkan," ucap Regina, beberapa waktu lalu.

Pintu masuknya agar dapat membantu warga yang terpapar yakni dari Satgas Penanganan COVID-19 RW 05 Desa Cibodas. Keluarga Regina juga mendukung, mengingat sang ayahnya turut menjadi relawan.

Untungnya apa yang dilakukan Regina tak sampai mengganggu aktivitas kuliahnya. Mengingat semua kegiatan akademis di sekolah dasar hingga perguruan tinggi dilakukan secara daring atau online.

"Alhamdulillah banyak dukungan juga, saya jadi semangat. Setidaknya keberadaan saya bisa meringankan dan menenangkan pasien," kata Regina.

Simak juga Video: Pedagang, Mahasiswa, Hingga Driver Ojol di Bandung Demo Tolak PPKM

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2