RS Holistik Terima Bantuan 73 Tabung Oksigen, Hanya Cukup untuk Sehari

Dian Firmansyah - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 22:47 WIB
Petugas di RSU Holistik Purwakarta membawa dua tabung oksigen
Foto: Stok oksigen di RS Holistik kritis (Dian Firmansyah/detikcom).
Purwakarta -

Ketersediaan stok oksigen di RSU Holistik Purwakarta, Jawa Barat masih dalam kondisi kritis. Stok yang ada tidak sebanding dengan kebutuhan para pasien yang di rawat di rumah sakit tersebut.

Setelah sempat alami kekosongan oksigen pada Selasa (20/07/2021), rumah sakit mendapatkan bantuan oksigen dari sejumlah pihak. Saat ini sudah tersedia sebanyak 53 tabung oksigen.

"Alhamdulillah kita mendapatkan pasokan oksigen sebanyak 43 tabung dan 10 tabung kita ikutkan ke bantuan posko Jabar yang ngisi di Cilegon. Jadi total saat ini yang ada di kita sekitar 53 tabung," ujar Direktur RSU Holistik Purwakarta Fanani Fathihah saat ditemui di rumah sakit, Rabu (21/07/2021) petang.

Fanani mengatakan selain bantuan tersebut, rencananya ada bantuan lagi sebanyak 20 tabung yang akan diisi di wilayah Subang. Tabung tersebut akan didistribusikan pada Kamis (22/07/2021) dini hari.

Dengan jumlah total sebanyak 73 tabung bantuan itu, pihak akan memanfaatkan sebaik mungkin. Oksigen akan diberikan sesuai kebutuhan pasien dan disesuaikan dengan stok yang ada.

"Kalau kita tidak menggunakan alat HFNC (High Flow Nasal Cannula) hanya menggunakan NRM itu bisa bertahan sehari, makanya sekarang kita tidak menggunakan alat HFNC jadi hanya NRM saja untuk menghemat," ungkapnya.

(mso/mso)