Pilkades Diundur Imbas Penerapan PPKM Level 3 di Kabupaten Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 17:33 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna
Foto: Bupati Bandung Dadang Supriatna (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bandung kembali diundur setelah pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pengunduran ini sudah dilakukan untuk yang kedua kalinya pasca kejadian lonjakan kasus COVID-19.

Sebelumnya, pemerintah pusat telah memutuskan melanjutkan PPKM dengan skema level 3 dan 4. Kabupaten Bandung sendiri masuk dalam PPKM Level 3.

"Kaitannya berimbas pada Pilkades serentak, saya sudah buatkan surat edaran bahwa Pilkades serentak mundur termasuk PAW (Pengganti Antar Waktu)," ujar Bupati Bandung Dadang Supriatna di Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (21/7/2021).

Pilkades telah dijadwalkan akan dilakukan pada 14 Juli 2021. Karena terjadi lonjakan kasus COVID-19, Pilkades terpaksa diundur menjadi tanggal 28 Juli. Kemudian, kata Dadang, PPKM Level 3 berimbas pula pada pelaksanaan Pilkades.

Dadang mengungkapkan ada dua opsi yang akan diterapkan untuk menggelar Pilkades. Di antaranya, pada 4 Agustus atau pada 11 Agustus 2021 nanti.

"Apabila PPKM tidak diperpanjang, kemungkinan Pilkades akan dilaksanakan 4 Agustus. Jika diperpanjang lagi jadi di 11 Agustus," ujarnya.

Dadang menyebutkan saat ini kasus COVID-19 sedang mengalami peningkatan. Maka, akan sangat berisiko apabila Pilkades digelar dalam kondisi seperti itu. Sekadar diketahui, Pilkades di Kabupaten Bandung akan digelar di 49 desa dan 3 desa yang PAW.

"Yang paling riskan saat ini, kondisi di lapangan. Saya mohon juga keputusan menteri dalam negeri (terkait Pilkades)," ujarnya.

(mso/mso)