Pemkab Pangandaran Kebut Vaksinasi Warga

Faizal Amiruddin - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 13:18 WIB
2.709 pelaku budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif jalani vaksinasi COVID-19 dosisi kedua. Kegiatan itu digelar di Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Pangandaran -

Jumlah warga Pangandaran yang telah menerima vaksinasi COVID-19 masih jauh dari harapan. Saat ini persentase warga Pangandaran yang sudah divaksinasi baru berada pada kisaran angka tujuh persen atau artinya masih jauh dari target tercapainya herd immunity COVID-19.

Saat dikonfirmasi mengenai rendahnya pencapaian vaksinasi tersebut, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata tak membantah. "Iya di Jawa Barat kita berada di urutan 11 untuk realisasi vaksinasi," kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Rabu (21/7/2021).

Jeje mengaku sudah mengambil langkah-langkah percepatan, walaupun diakuinya pula ada beberapa kendala yang dihadapi. Salah satunya keterbatasan sumber daya manusia atau petugas vaksinator.

"Petugas vaksinator itu kan dilakukan oleh tenaga medis di Puskesmas. Sementara pekerjaan mereka bukan itu saja, karena kemarin-kemarin mereka juga sibuk menangani pasien di Puskesmas dan rumah sakit," ucapnya.

Dia menjelaskan sebelumnya realisasi vaksinasi di Pangandaran sekitar 1.000 orang per hari. Kali ini jumlah tersebut akan dilipat gandakan menjadi 2.000 orang per hari.

"Kita punya 15 tim vaksinator yang tersebar di seluruh wilayah. Kemarin sudah saya tegaskan agar jumlah warga yang divaksinasi ditambah, paling tidak sehari dapat 2.000 orang," ujar Jeje.