Pilu Pedagang di Garut Gagal Berkurban Gegara Uang Digerogoti Rayap

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 16:53 WIB
Pedagang Garut Gagal Berkurban
Uang rusak digerogoti rayap. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Kisah pilu dialami Yadi, warga Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dia gagal membeli hewan kurban bertepatan Idul Adha gegara uang yang dikumpulkannya rusak digerogoti rayap.

Pria berdomisili di Cilawu Garut ini sehari-hari usaha di warungnya, Kecamatan Garut Kota. Dalam setahun terakhir, dia berusaha mengumpulkan uang dengan maksud ingin berkurban di Hari Raya Idul Adha tahun ini. Sekadar diketahui, harga seekor kambing untuk Idul Adha di Garut dibanderol Rp 2,9 juta hingga Rp 3,5 juta.

"Dari tahun lalu saya mengumpulkan uang pecahan Rp 50 dan Rp 100 ribu buat kurban," kata Yadi, Selasa (20/7/2021).

Uang hasil berjualan dikumpulnya dalam plastik dan disimpan di etalase warung. Terakhir dihitung, uang itu sudah terkumpul sekira Rp 2,9 juta. Yadi terkejut bukan main saat hendak membeli seekor kambing untuk kurban, beberapa waktu lalu. Dia melihat uangnya rusak dimakan rayap.

"Mau beli buat kurban, tapi pas dilihat uangnya rusak," ujarnya.

Pedagang Garut Gagal BerkurbanYadi menceritakan uangnya sebanyak Rp 2,9 juta rusak digerogoti rayap. Akibat kejadian itu Yadi gagal berkurban tahun. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)

Uang itu dibungkus plastik dan ia simpan di etalase. Yadi mengaku tak pernah melihat dan mengambil uang itu lantaran khawatir terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Dia sudah berupaya menukar uang itu ke bank. Namun uang itu tidak diterima pihak bank lantaran kondisinya rusak.

"Sudah dicoba (ke bank). Enggak bisa (ditukar)," ucap Yadi.

Tonton juga Video: Detik-detik Damkar Evakuasi Sapi yang Terperosok ke Parit di Tangsel

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)