PNS Pelanggar PPKM Didenda Rp 100 Ribu, DPRD: Tambah Sanksi Disiplin!

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 16:23 WIB
ASN di Cianjur hanya didenda Rp 100 ribu karena melanggar PPKM Darurat
ASN di Cianjur hanya didenda Rp 100 ribu karena melanggar PPKM Darurat (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Asep Hidayat, PNS di Kabupaten Cianjur diputus bersalah melanggar aturan PPKM darurat lantaran menggelar resepsi pernikahan anaknya dengan mengabaikan Prokes. Namun PNS guru tersebut hanya didenda Rp 100 ribu.

Asep disidang bersama pelanggar PPKM darurat lainnya di Pengadilan Negeri Cianjur kelas II B, di Jalan Dr Muwardi, Senin (19/7/2021) siang.

Humas Pengadilan Negeri Cianjur Donovan Akbar, mengatakan dari hasil sidang tindak pidana ringan (Tipiring) diputuskan PNS tersebut diputuskan bersalah terkait pelanggaran PPKM darurat dan dikenakan denda Rp 100 ribu.

"Dikenakan denda Rp 100 ribu atau dikurung 3 kari jika tidak bisa membayar," ujar Donovan, Senin (18/7/2021).

Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan, mengatakan sanksi denda tipiring tersebut tergolong sangat rendah, untuk pelanggaran yang dilakukan seorang PNS.

Ganjar mendorong Pemkab juga memberikan sanksi disiplin bagi PNS tersebut. Sebab pelanggaran yang dilakukan PNS dengan menggelar resepsi tanpa Prokes dan mengabaikan PPKM darurat akan menjadi citra buruk bagi pemerintah.

"Jangan sampai menjadi kecemburuan di masyarakat, dimana masyarakat tidak boleh dan harus taat aturan tapi malah dilanggar oleh PNS. Makanya kalau sanksi denda tidak besar, sanksi disiplin yang harus tegas nantinya," tegasnya.

Diberikan sebelumnya, seorang PNS guru nekat menggelar resepsi pernikahan anaknya dengan disertai hiburan dangdut di di Kampung Kanoman Desa Kanoman Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2021).

Petugas gabungan TNI, Polri, dan Satpol PO pun membubarkan resepsi pernikahan yang dinilai melanggar protokol kesehatan dan aturan PPKM darurat tersebut.

(mud/mud)