Penjualan Hewan Kurban di Cianjur Turun 50 Persen Imbas PPKM Darurat

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 13:39 WIB
Penjualan hewan kurban di Cianjur
Foto: Penjualan hewan kurban di Cianjur (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur - Pedagang hewan kurban di Cianjur, Jawa Barat mengalami penurunan penjualan hingga 50 persen. Penerapan PPKM darurat membuat penjualan tidak maksimal dan pengiriman juga terhambat.

Cecep HD, penjual sekaligus peternak kambing di Kecamatan Cibeber, mengatakan sejak awal pandemi, yakni pada Idul Adha tahun lalu sudah terjadi penurunan penjualan.

Meski begitu, pada momen Idul Adha tahun lalu, ia masih bisa menjual 80 ekor kambing dengan pembeli asal Cianjur ataupun luar kota. Sedangkan di Idul Adha tahun ini, Cecep hanya mampu menjual 40 ekor kambing.

"Penjualan tidak hanya lokal, tapi juga luar kota karena menggunakan metode jualan online juga. Tapi tetap saja ada penurunan penjualan, biasanya beberapa hari jelang Lebaran Idul Adha sudah terjual 80 ekor, sekarang hanya 40 ekor," kata dia, Senin (19/7/2021).

Menurutnya banyak calon pembeli yang membatalkan. Selain itu dirinya mengalami berbagai kendala untuk mengantarkan pesanan karena banyak penyekatan dan penutupan jalan.

"Yang pembeli dari luar kota kebanyakan membatalkan karena takut tidak sampai, dengan banyaknya penyekatan," kata dia.

Dia mengungkapkan tidak jarang pedagang membanting harga dengan memberikan potongan harga yang besar. Dari harga normal seekor kambing ukuran biasa yang bekisar Rp 2,6 juta, potongan harga bisa mencapai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

"Tujuan potongan harga itu agar banyak pembeli, tapi tetap saja. Karena jualan tidak maksimal dengan PPKM Darurat ini," ucap dia.

Senada, Parno, penjual sapi kurban mengatakan di tahun ini dia hanya bisa menjual 5 ekor sapi. Padahal di Idul Adha sebelumnya ia mampu menjual 10 ekor sapi seharga Rp 20 juta per ekor.

"Memang PPKM darurat ini aktivitas dibatasi sekali, akibatnya pembeli yang biasanya datang sekarang tidak ada. Makanya penjualan turun drastis sampai 50 persen," ujarnya.

Simak juga video 'Penjualan Sapi Kurban di Ciamis Naik 25 Persen':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)