Jelang Idul Adha, Masjid Raya Bandung Baru Ketitipan 2 Ekor Sapi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 14:12 WIB
Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung (Foto: (nfadils/d'Traveler)
Bandung -

Masjid Raya Bandung baru menerima dua hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha. Jumlah tersebut berkurang dari tahun-tahun sebelumnya.

"Baru ada dua, sapi," ujar Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muchtar Gandaatmaja saat dihubungi, Senin (19/7/2021).

Muchtar mengatakan dua sapi itu merupakan titipan dari bank BUMD di Jabar. Sejauh ini, belum ada titipan dari pejabat provinsi, kota maupun Presiden seperti tahun sebelumnya.

"Dari gubernur belum. Jadi termasuk juga tapi kalau Presiden terus ngasuh, tapi Presiden sekarang giliran Pusdai katanya," kata dia.

Muchtar menuturkan jumlah penitipan hewan kurban di Masjid Raya Bandung tahun ini pun berkurang dari tahun sebelumnya. Dia memaklumi lantaran kondisi pandemi COVID-19.

"Memang dari 11 (ekor) , tahun kemarin jadi tujuh (ekor), sekarang turun jadi dua. Ya wajar saja sekarang banyak orang-orang berpindah ke sembako," tuturnya.

Terkait proses pemotongan sendiri, Masjid Raya Bandung akan menyembelih hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Kopo. Penyembelihan hewan tak akan dilakukan di Masjid Raya Bandung mengingat kondisi pandemi COVID-19.

Begitupun dengan penyaluran daging kurban. Menurut Muchtar, penyaluran akan dititipkan ke petugas pemotong kurban untuk dibagikan. Sehingga, dia meminta masyarakat atau mustahik tak perlu berbondong-bondong datang ke Masjid Raya Bandung.

"Di serahkan ke pengurus jadi proaktif saja, jangan mustahik yang diundang, tapi kita yang datang ke mereka, jadi kan ada 60 orang pengurus, dari pengurus misalnya kebagian 10 gantungan aja kan bisa ke 10 fakir miskin," kata dia.

(dir/mud)