Ini Pemicu Pria Usir Polisi yang Cegat Mobil Penerobos di Karawang

Wisma Putra - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 10:36 WIB
Karawang -

Penutupan jalan di Karawang saat PPKM Darurat diwarnai aksi penerobosan. Anggota Satlantas Polres Karawang yang mengawal titik penyekatan itu diusir seorang pria yang menumpangi mobil penerobos. Video kejadian tersebut viral di media sosial (medsos).

"Kejadian di titik penyekatan Simpang McD Galuh Mas. Kejadiannya Kamis 15 Juli 2021," kata Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Oliestha Ageng Wicaksana via pesan singkat, Senin (19/7/2021).

Menurut Oliestha, pria berbaju kuning yang melawan dan mengusir polisi itu inisial H. Dia warga Karawang.

Oliestha mengungkapkan pemicu insiden pengusiran polisi dan penerobosan jalan di pos penyekatan tersebut. H mengaku kesal kepada petugas setelah melihat mobil lain di depannya boleh melintas, sedangkan mobil ditumpanginya dilarang lewat.

"Bersangkutan (H) kesal karena mobil di depannya diizinkan melintas setelah menunjukkan tanda penduduk tinggal di wilayah Galuh Mas. Karena dia (H) tidak bisa menunjukkan tanda penduduk Galuh Mas, ditahan (laju mobil) oleh anggota," ucap Oliestha.

Viral video menampilkan polisi mencegat mobil penerobos penutupan jalan saat PPKM Darurat di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Berdasarkan video yang dibagikan akun @cetul.22 via Instagram, terlihat seorang pria berbaju kuning turun dari mobil bercat putih dan meminta sopirnya segera melintas di lokasi penutupan jalan itu.

Pria tersebut malah melawan dan mengusir polisi yang menghalangi laju mobil. Dia memerintahkan sopirnya menerobos pos penyekatan.

"Ditutup, ditutup, ditutup ini," kata polisi yang melakukan penjagaan dalam video itu sebagaimana dilihat detikcom, Senin (19/7/2021).

"Maju, maju, maju," ujar pria berbaju kuning itu kepada sopir.

Meski polisi pasang badan sambil berdiri di depan mobil, pria berbaju kuning mengusir sambil menarik tubuh polantas tersebut untuk minggir. Si pria itu meminta sang sopir segera melintas.

"Maju, maju, kata gua maju," ucap pria itu berteriak.

(wip/bbn)