Sempat Buron, Korlap Aksi Demo Ricuh di Tasikmalaya Menyerahkan Diri

Deden Rahadian - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 12:35 WIB
Satu tersangka demo ricuh di Taskmalaya menyerahkan diri.
Foto: Satu tersangka demo ricuh di Taskmalaya menyerahkan diri (Deden Rahadian/detikcom).
Tasikmalaya -

Tersangka kasus unjuk rasa rusuh di Kejaksaan Negeri Tasimalaya menyerahkan diri, Kamis (15/7/2021). Tersangka berinisial H (22) merupakan korlap aksi unjuk rasa yang berujung ricuh.

Saat menyerahkan diri ke Mapolres Tasikmalaya, H didampingi oleh sejumlah pemuka agama, alumni salah satu ponpes dan Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto.

"Kami datang menyerahkan Hadis yang menjadi DPO Polda Jabar atas kasus aksi di kejaksaan," ujar Yamin Hambali, salah satu tokoh agama muda Tasikmalaya di Mapolres Tasikmalaya.

Sebelum menyerahkan diri, H sempat mendatangi sejumlah tempat. Dipastikan, aksi unjuk rasa rusuh di Kejaksaan Negeri Tasikmalaya beberapa waktu lalu itu merupakan inisiatif para pelaku tidak tersangkut paut lembaga pendidikan agama.

"Kami tidak pernah menginstruksikan adanya aksi tersebut dan memang murni kepolosan anak-anak. Kedua kami tidak mengharapkan adanya ekses yang terjadi di masyarakat," ucap Yamin Hambali.

Ulama muda ini berharap usai kejadian ini, kondisi Tasikmalaya kembali aman dan nyaman. Seluruh pihak menyerahkan proses hukumnya pada Kepolisian.

"Harapannya menjadi pembelajaran. Kedua bahwa tindakan anarkisme, siapapun itu, bukan menjadi sebuah pembenaran, dan tidak akan menjadi suatu penyelesaian. Maka kita harus sama-sama menjaga Kabupaten Tasikmalaya agar aman tentram," ujar Yamin.

Pasca jalani pemberkasan, H langsung dibawa menuju Polda Jawa Barat tanpa memberi pernyataan apapun ke awak media. Dia hanya menyalami pemuka agama yang mengantarnya.

Sementara itu, Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya mengaku diminta pemuka agama turut mengantarkan DPO. Ato menyebutkan proses penyerahan diri H setelah polisi melakukan upaya persuasif.

"Atas upaya persuasif pihak Kepolisian, H akhirnya menyerahkan diri. Saya diminta untuk dampingi proses penyerahannya ke Polres," ujar Ato.

Diberitakan sebelumnya, satu orang pelaku yang merupakan koordinator lapangan (korlap) aksi demo berujung perusakan mobil polisi di Tasikmalaya masih buron. Polisi meminta agar pelaku segera mengerahkan diri.

"Tiga orang sudah ditahan. Satu DPO (daftar pencarian orang)," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi, Rabu (14/7/2021).

Erdi menuturkan buronan tersebut berperan sebagai korlap aksi saat demo beberapa hari lalu. Polisi sudah mengantongi identitas pelaku. "Tinggal tunggu saja waktunya, tapi kita harapkan dia menyerahkan diri sebelum ditangkap Polres Tasik," tandasnya.

Lihat juga Video: Emak Pengelola Kafe Ngamuk di Tasik Diperiksa Polisi

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)