Jabar Hari Ini: 20 Daerah Zona Merah-Kasus Viral 'Vaksin Bodong' Diusut Polisi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 20:23 WIB
Update Corona Hari Ini: Pecah Rekor Lagi-Persiapan Skenario Terburuk
Foto: Ilustrasi (Getty Images/loops7).
Bandung -

Kematian lansia kembali terjadi di Kota Bandung saat mencari perawatan di rumah sakit. Kejadian ini merupakan yang kedua kalinya karena kamar rawat di rumah sakit penuh imbas lonjakan kasus COVID-19.

Soal video viral diduga 'vaksin bodong' di Puskesmas Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Polres Karawang pun turun tangan untuk menggali fakta di balik cerita tersebut.

Sementara itu, zona merah di Jabar terus meluas menjadi 20 kabupaten/kota di Jabar. Daerah mana saja?

Berikut sejumlah peristiwa menarik dalam Jabar Hari Ini, berikut ulasannya:

Kakek Meninggal di Mobil Gegara Kesulitan Cari RS

Seorang lansia kembali meninggal dunia di dalam mobil ketika mencari rumah sakit di Kota Bandung. Kali ini kejadian tersebut menimpa kakek RR (70), warga Kecamatan Sukajadi pada Selasa (13/7/2021).

Salah seorang anak RR, DD (36) mengatakan, sebelumnya ayahnya mengeluhkan sakit lambung. Ia menggambarkan ketika itu kondisi RR, sudah kritis dan mulai mengeluarkan muntah darah dari mulutnya.

"Saya bersama kakak dan kakak ipar membawa bapak ke rumah sakit, kami berangkat saat itu selepas azan Subuh. Tetapi setelah menanyakan apakah bisa masuk atau tidak, petugas menjawab kalau saat ini rumah sakit penuh," ujar DD di rumah duka, Rabu (14/7/2021).

Mendapatkan jawaban seperti itu, kemudian DD memacu kendaraanya ke sebuah klinik di Ujungberung, tetapi saat itu petugas di klinik tersebut mengatakan bahwa peralatan yang ada di dalam klinik tak memadai untuk melakukan penanganan.

"Kami bawa juga akhir ke RS di Ujungberung, tetapi jawabannya sama penuh. Pilihan terakhir kemudian kami bawa ke RS lainnya, tetapi masih di perjalanan bapak meninggal dunia di dalam mobil, sekitar jam 10.45 WIB," tutur DD.

"Memang sehari sebelumnya kondisi bapak sudah mulai membaik, tetapi kemudian mengalami perburukan yang cepat. Bukan karena COVID-19, beberapa hari sebelumnya sudah dites dan hasilnya negatif," ucap DD.

Kurang dari sepekan, kejadian serupa juga menimpa Kokom Komariyah (58), warga Pakemitan, Kecamatan Cinambo Kota Bandung pada Jumat (9/7). Kala itu Kokom meninggal di dalam taksi online, setelah berkeliling mencari rumah sakit.