Jabar Hari Ini: 20 Daerah Zona Merah-Kasus Viral 'Vaksin Bodong' Diusut Polisi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 20:23 WIB
Update Corona Hari Ini: Pecah Rekor Lagi-Persiapan Skenario Terburuk
Foto: Ilustrasi (Getty Images/loops7).

Kasus Vaksin Bodong di Karawang, Polisi Turun Tangan

Soal video viral diduga "vaksin bodong" di Puskesmas Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Polres Karawang telah memeriksa enam orang saksi.

"Kita periksa enam orang saksi dari tiga tenaga kesehatan (nakes) dan tiga orang yang divaksin. Sampai saat ini kami masih melakukan proses pendalaman," kata Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra saat dihubungi melalui telepon selular, Rabu (14/7/2021).

Menurut Rama, hasilnya nanti akan ia sampaikan lebih lanjut, apakah ini benar terjadi atau hoaks. Polisi telah menginventarisir siapa yang menyebarkan dan mengupload.

"Kita tentu akan bantuan para ahli-ahli vaksin. Untuk membuktikan viral dua video yang seorang wanita diduga disuntik jarum kosong oleh tenaga kesehatan (nakes) saat menjalani vaksinasi di puskesmas Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur," jelas Rama.

Rama menyatakan Saat ini polisi fokus pada sejauh mana penerapan Standar Operasinal (SOP) saat vaksinasi."Jadi pasti nanti akan disampaikan hasilnya," tandasnya.

Sebelumnya, viralnya video yang dinarasikan sebagai 'vaksin bodong' atau suntikan kosong vaksin Corona direspons Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurrachadiana. Selain mengecek langsung ke puskesmas, ia juga menemui karyawati yang mengunggah video tersebut.

"Ada kesalahpahaman di sini. Tapi, saya tidak bisa mengatakan siapa yang salah dan siapa yang benar. Pastinya persoalan ini kita serahkan ke aparat penegak hukum," kata BupatiCellica dalam keterangan pers yang diterimadetikcom, Rabu (14/7/2021).