PPKM Darurat

Mobilitas Warga Meningkat, Polisi Tutup Jalan di Bandung Lebih Awal

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 12:15 WIB
PPKM Darurat di Bandung
Polisi menutup Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Polisi melakukan penutupan ruas jalan lebih cepat saat pemberlakuan PPKM Darurat. Sebab terpantau meningkatnya mobilitas masyarakat di Kota Bandung.

Penutupan beberapa ruas jalan di Bandung biasanya dilakukan pukul 14.00 WIB. Namun kali ini, penutupan lebih awal menjadi pukul 11.00 WIB.

Sebagaimana terlihat di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung pada Senin (5/7/2021), polisi mulai memasang water barrier di simpang Jalan Asia Afrika-Tamblong. Beberapa petugas polisi lalu lintas tampak mengatur arus jalan.

Sementara itu berdasarkan pantauan di lapangan, mobilitas kendaraan juga terlihat meningkat. Seperti di Jalan Terusan Buah Batu hingga di kawasan Karapitan.

"Karena semakin tinggi mobilitasnya, kita tutup lebih awal," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Jalan Asia Afrika.

Ulung menambahkan dalam PPKM kali ini juga ruas penutupan jalan ditambah. Perluasan penutupan jalan kini mencapai ke kawasan Andir dan Pasirkaliki.

"Kita perluas dan penutupan serta perluasan ini bersifat permanen dan kondisional," tutur dia.

"Kita lihat misalkan mobilitas masih tinggi, kita akan tutup. Namun kalau mobilitas menurun, kita nanti akan melihat kelanjutannya," kata Ulung menambahkan.

Menurut dia, petugas nantinya akan bersiaga di tiap titik penutupan jalan. Hal itu guna mengatur kendaraan darurat seperti ambulans.

"Nanti kita siagakan anggota yang berjaga di setiap titik yang ditutup. Itu untuk membantu masyarakat dan ambulans untuk evakuasi," ucap Ulung.

(dir/bbn)