Bandung Zona Merah COVID-19, Wawalkot: Pengawasan Kita Tingkatkan

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 14:48 WIB
Sultan Ingin Jogja Lockdown, Ini Kondisi Kasus Corona di Jogja
Foto: ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Bandung -

Kota Bandung kembali berada di zona merah penyebaran COVID-19. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut aturan pengetatan aktivitas masyarakat yang kembali dilakukan sudah sesuai dengan situasi COVID-19 saat ini.

"Pada saat kemarin kita ratas, itu skor resiko kita di angka 1,81 persen. Sebetulnya 0,01 lagi sudah ke zona merah makanya kemarin ratas semua regulasi yang dikeluarkan sudah relatif untuk zona merah. Makannya penutupan itu kalau zona merah," kata Yana kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jumat (25/6/2021).

Yana mengungkapkan, Perwal No 61 Tahun 2021 tentang perubahan keenam atas peraturan Wali Kota no 1 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Skala Besar Secara Proporsional sudah pas digunakan dengan zona penyebaran COVID-19 di Kota Bandung saat ini.

"Beberapa aturan yang sudah dikeluarkan di Perwal untuk zona tinggi, penutupan tempat hiburan, penutupan tempat wisata, rumah makan juga hanya take away, jam operasional juga dibatasi," ungkapnya.

Yana menyebut, mulai 24 Juni ada penurunan kasus positif aktif. Kemudian untuk Bed Occupancy Rate (BOR) hari kemarin sempat 94,97 persen, sekarang sudah di 91 persen.

"Mudah-mudahan diupaya kita terjadi penurunan. Sekarang memang pengawasan yang harus kita tingkatkan terus, Alhamdulillah sekarang ini saya keliling ke kewilayahan TNI, Polri tegas awasi aktivitas masyarakat," ujarnya.

Dia berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan kasus COVID-19 di Kota Bandung bisa segera teratasi.

"Dengan dilakukan penutupan tempat hiburan dan tempat wisata, kuliner kita batasi harapan wisatawan dari luar tidak ke Bandung, karena memang kita batasi sekali. Mudah-mudahan dampak Perwal, kita lihat seminggu ini ada penurunan, " ujarnya.

(wip/mso)