Okupansi Menurun, Hotel di Jabar Banting Stir Sediakan Tempat Isoman

Wisma Putra, Yuda Febrian - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 14:13 WIB
Sultan Ingin Jogja Lockdown, Ini Kondisi Kasus Corona di Jogja
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)

Pemkab Karawang Siapkan 5 Hotel

Mengantisipasi ketiadaan ruang isolasi, akibat lonjakan kasus covid-19 yang meningkat, satgas covid-19 Karawang siapkan 5 hotel.

"Jadi Alhamdulillah, kami dari Satgas Karawang, telah berkomunikasi dengan asosiasi perusahaan di Karawang, untuk membantu pengadaan fasilitas bagi tenaga kesehatan, juga ruang isolasi, dan rencananya ada 5 hotel yang akan disiapkan untuk ruang isolasi," ungkap Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh saat ditemui usai menerima bantuan baju Hazmat, masker, dan handsanitizer dari berbagai perusahaan, kontraktor, juga perbankan, pada Jum'at (25/6/2021) di halaman Pemkab Karawang.

Lanjutnya, bantuan berupa fasilitas medis, sangat dibutuhkan sebagai upaya percepatan penanganan covid-19 di Karawang.

"Kami menerima bantuan dari beberapa perusahaan negara, swata, juga perbankan, berupa baju Hazmat 1.810, Masker N95 7.700, masker medis 2.400, dan Handsanitizer 50 liter, untuk nanti disalurkan ke petugas kesehatan yang saat ini memang sangat membutuhkan, terkhusus untuk petugas pemulasaran di berbagai wilayah di Karawang," katanya.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan telah berkomunikasi dengan Asosiasi Perusahan Indonesia (APINDO), akan memberikan fasilitas hotel bagi penyediaan ruang isolasi.

"Ada 5 hotel nantinya untuk membantu penyediaan ruang isolasi, yakni hotel Grand Kenari, Grand Citra, Grand Karawang Indah, Grand Merak, serta Grand Pangestu," ungkapnya.

Kelima hotel itu, diharapkan mampu menampung pasien covid-19, dan untuk fasilitas penyediaan tenaga kesehatan, dan obat-obatan akan disediakan oleh Satgas Karawang.

"Jadi hari ini juga, saya akan bertemu dengan para perkumpulan HRD, untuk nantinya berkoordinasi soal isolasi para buruh yang positif, juga isolasinya di hotel, agar mudah dalam penanganannya, nantinya, dari kita hanya menyediakan tim kesehatan, dan obat-obatan," tandasnya.

Sebelumnya, dari data yang terbaru Satgas Covid-19 Karawang, pada Kamis kemarin, pukul 12.00, ada 541 orang terkonfirmasi positif, dan 35 orang meninggal dunia.

Sementara itu, tingkat kesembuhan pasien covid-19 di Karawang 91 persen, dari total kasus yang terkonfirmasi positif.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana mengatakan dari total jumlah yang terkonfirmasi positif, ada 91 persen pasien alami kesembuhan.

"Total terkonfirmasi positif dari data terbaru kemarin, yakni 23.615, dan yang sembuh itu ada 20.404 jadi ada sekitar 91 persen pasien yang alami kesembuhan," tandasnya.


(mud/mud)