BOR Capai 84 Persen, RSUD Majalengka Tambah Bed untuk Pasien Corona

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 14:58 WIB
RSUD Majalengka
Foto: RSUD Majalengka (Bima Bagaskara/detikcom).
Majalengka -

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka tengah mempersiapkan penambahan kapasitas ruang isolasi untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien positif COVID-19.

Dirut RSUD Majalengka Erni Harleni mengatakan saat ini pihaknya memiliki kapasitas 39 tempat tidur di ruang isolasi pasien COVID-19. Dari jumlah itu, 33 tempat tidur sudah terisi pasien positif maupun yang reaktif.

"Ada 39 tempat tidur, sampai siang ini sudah terisi oleh 26 pasien positif COVID-19 dan 7 pasien reaktif. Ada juga pasien di IGD 4 orang yang akan segera dipindah ke ruang isolasi. Artinya tingkat keterisiannya sudah 84,6 persen," kata Erni saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (23/6/2021).

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan pasien positif COVID-19 yang harus diisolasi, RSUD Majalengka saat ini tengah menyiapkan ruang perawatan umum menjadi ruang isolasi. Nantinya akan ada 16 tempat tidur tambahan yang bisa dipakai pasien COVID-19.

"Sedang dalam tahap pengerjaan menambah kapasitas tempat tidur isolasi COVID-19 dengan mengalihfungsikan ruang perawatan non isolasi menjadi ruang isolasi. Insya Allah tambah 16 tempat tidur," ujarnya.

24 Pegawai RSUD Majalengka Terpapar

Erni juga mengungkapkan saat ini ada 24 pegawai di RSUD Majalengka yang terpapar virus Corona. 24 pegawai itu menurutnya sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Hari ini ada 24 orang (pegawai) yang isolasi mandiri. Ada dokter spesialis 1 orang, dokter gigi 1 orang, perawat 13 orang, bidan 3 orang, analis 2 orang dan non nakes 4 orang," ucap Erni.

Dengan adanya 24 pegawai yang terpapar itu, selama pandemi COVID-19 ini diketahui sudah ada 110 orang pegawai RSUD Majalengka yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Sampai hari ini total sudah 110 orang pegawai RSUD Majalengka yang terkonfirmasi positif COVID-19, 89 diantaranya sudah selesai isolasi," tandasnya.

(mso/mso)