Belasan Siswa SD di Majalengka Positif Corona Hasil Swab Antigen

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 14:08 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Majalengka -

Belasan siswa di SD Negeri 1 Girimukti, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka positif terpapar virus Corona. Belasan siswa tersebut diketahui positif usai menjalani swab antigen beberapa waktu lalu.

Dede perangkat Desa Girimukti yang juga merupakan orang tua siswa mengatakan, awalnya Ia tidak mengetahui adanya belasan siswa SDN 1 Girimukti yang terpapar Corona.

"Awalnya gatau ada yang positif, baru dapat informasi itu kemarin pas ada pemeriksaan kesehatan disini (SDN 1 Girimukti), katanya ada belasan yang positif siswanya," kata Dede saat ditemui detikcom tak jauh dari SDN 1 Girimukti, Rabu (23/6/2021).

Untungnya kata Dede, anaknya yang saat ini duduk di bangku kelas empat tidak ikut terpapar Corona. Ia sendiri tidak mengetahui pasti penyebab tertularnya siswa-siswi SDN 1 Girimukti.

Namun kata dia, ada kemungkinan belasan siswa tersebut tertular oleh guru pada saat datang ke sekolah untuk mengambil soal ujian hingga mengakibatkan belasan siswa positif COVID-19.

"Sekarang kan lagi ujian, kemarin-kemarin sempat ke sekolah buat ambil soal tapi ngerjainnya sih dirumah. Kemungkinan pas itu tertular soalnya anak-anak disuruh datang lagi ke sekolah buat swab," ucap Dede.

"Dari hasil swab itu informasinya ada belasan yang positif, kalau gak salah mah 11 anak yang positif. Alhamdulillahnya anak saya negatif," sambungnya.

Terpisah, Dadang Rukmana Camat Kasokandel membenarkan adanya belasan siswa SDN 1 Girimukti yang positif COVID-19 dari hasil swab antigen.

"Iya benar ada belasan, kalau jumlah pastinya saya kurang hafal takut salah. Tapi benar ada siswa SDN 1 Girimukti yang positif," ujar Dadang di kantornya.

Dadang menjelaskan belasan siswa yang positif itu kemungkinan tertular dari guru yang terlebih dulu positif dan sempat berinteraksi dengan siswa.

"Informasinya ada guru yang positif, guru ini adalah kontak erat dari pasien yang dirawat di RSUD Majalengka. Kemudian mengetahui ada guru SDN 1 Girimukti yang positif, langsung dilakukan tracing termasuk ke siswanya," jelasnya.

"Disana memang belum ada belajar tatap muka, namun sempat bertemu secara tatap muka ketika pembagian soal ujian, kemungkinan dari situ tertularnya," tutup Dede.

(mud/mud)