Swab Antigen Gratis di Stasiun Bogor, Seorang Calon Penumpang Reaktif

M Solihin - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 12:59 WIB
Seorang calon penumpang kereta di Stasiun Bogor reaktif Corona
Seorang calon penumpang kereta di Stasiun Bogor reaktif Corona (Foto: M Solihin)
Bogor -

Puluhan calon penumpang kereta api menjalani swab acak di Stasiun Bogor, Selasa (21/6/2021). Hasilnya, satu orang dinyatakan reaktif dan diminta untuk kembali ke rumah dan direkomendasi untuk menjalani tes PCR.

Pantauan detikcom di Stasiun Bogor, beberapa orang nampak tengah mengantri menunggu giliran menjalani swab antigen yang digelar PT KAI di depan loket pembelian tiket KRL. Proses swab dilakukan di meja yang ditutup tirai agar tidak mengganggu penumpang lainnya.

Petugas meminta secara sukarela kepada calon penumpang untuk ikut menjalani tes antigen.

"Kita ada tes antigen, pak. Silahkan kalau mau ikut. Ini gratis," kata petugas kepada calon penumpang KRL.

Beberapa penumpang yang ditawarkan memang ada yang akhirnya ikut menjalani tes antigen, namun kebanyakan menolak karena alasan terburu-buru dan tidak mau telat sampai Jakarta.

Tes antigen digelar di depan loket pembelian tiket KRL. Setidaknya ada 2 petugas menggunakan pakaian APD yang siap melakukan tes swab kepada calon penumpang KRL. Sebelum menjalani tes antigen, calon penumpang didata terlebih dahulu dengan menulis identitas lengkap dan melampirkan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Usai menjalani tes swab antigen, penumpang diminta untuk menunggu sekitar 15 menit untuk menunggu hasil swab antigen. Mereka yang hasilnya negatif, dipersilahkan melanjutkan perjalanan. Sementara yang hasilnya reaktif, maka diminta kembali ke rumah dan direkomendasi untuk menjalani tes PCR.

Dari daftar peserta tes antigen yang detikcom, ada lebih dari 50 orang yang menjalani tes antigen gratis di stasiun Bogor. Dari puluhan orang yang menjalani tes antigen, satu orang diantaranya dinyatakan reaktif dan direkomendasikan untuk menjalani tes PCR.

Seorang penumpang KRL yang ditemui di Stasiun Bogor mengaku sangat terbantu dengan adanya tes antigen gratis di Stasiun. Selain bisa terus memantau kondisi kesehatan tubuh, antigen gratis juga membantu sehingga tidak perlu antri di Puskesmas atau di rumah sakit.

"saya sudah ikut tes antigen, alhamdulillah hasilnya negatif. Kegiatan kaya gini buat saya pribadi sih bagus yah, saya setuju ya. Jadi kan bisa terkontrol kan kondisi penumpang keretanya. Jujur saya khawatir sebenarnya selama di dalam kereta, kita kan ngga tahu ya apa semua orang di dalam kereta itu sehat atau engga," kata Anisa, peremouan asal Bogor yang mengaku bekerja di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2021).

"Ya kalau bisa tes antigennya diperbanyak, karena kan penumpang kereta itu banyak kan. Saya pribadi sih terbantu sama kegiatan ini, gratis pula, jadi nggak perlu ke Puskesmas atau rumahsakit, ya kan. Bagus ini sudah bagus," tambah Anisa.

Lihat juga Video: Tes Antigen Acak di Stasiun Bekasi, Seorang Calon Penumpang Reaktif

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)