Jabar Hari Ini: Varian Delta Masuk Karawang-Jawa Barat Berat Lockdown

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 21:20 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Foto: Pemprov Jabar)

Corona Mengganas! Bupati Majalengka dan Istri Hingga 171 Nakes RSHS Positif

Bupati Majalengka Karna Sobahi dan istrinya Dedeh Nurhayati positif terpapar COVID-19. Keduanya diketahui positif usai menjalani tes swab pada Minggu (20/6) kemarin
.
Kabar Bupati dan istirnya yang positif COVID-19 itu dibenarkan langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Majalengka Eman Suherman.

"Iya betul Pak Bupati dan istri terpapar COVID-19. Hasil swabnya baru keluar tadi malam," kata Eman dalam keterangan yang diterima detikcom, hari ini.

Menurut Eman saat ini Bupati dan istrinya sedang menjalani isolasi mandiri karena keduanya tidak bergejala. Termasuk sejumlah pegawai yang sempat kontak dengan Bupati.

"Beliau sedang isolasi mandiri, istrinya juga. Yang pernah kontak dengan beliau juga sedang isolasi mandiri, termasuk saya sendiri. Mohon doa untuk kesembuhan Pak Bupati," ucap Eman.

Eman memastikan roda pemerintahan di Kabupaten Majalengka tidak terganggu meski Bupati positif COVID-19. Saat ini pihaknya juga telah memberlakukan work from home (WFH) 50 persen.

"Aktivitas perkantoran dan pemerintahan jalan seperti biasa tidak terganggu. Sekarang sudah diarahkan untuk WFH 50 persen," ujarnya.

Sementara itu, Plh Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS Bandung dr. Yana Akhmad Supriatna mengatakan jumlah yang positif COVID-19 di RSHS berjumlah 212 orang terdiri dari nakes 171 orang dan non nakes 41 orang.

"Untuk bulan Juni itu sampai dengan tanggal 20 Juni kemarin, itu seluruh pegawai 212 orang (positif). Ya ini memang cukup meningkat dibanding bulan sebelumnya. Kita tahu di bulan Mei kemarin kita 61 orang sementara sampai tanggal 20 Juni ini 212 (orang)," ucap Yana dalam keterangan video yang diterima detikcom.

Sementara itu dari 212 orang tersebut, 12 di antaranya tengah menjalani perawatan lantaran bergejala. sedangkan sisanya tanpa gejala.

"Selebihnya itu adalah yang tanpa gejala atau gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," tuturnya.

Kendati ratusan nakes terpapar COVID-19, Yana memastikan pelayanan terhadap pasien di RSHS masih tetap diberikan. Pelayanan baik terhadap pasien COVID-19 maupun non COVID-19 diberikan dengan maksimal.

"Ya sampai dengan saat ini kami masih memberikan pelayanan bukan saja pelayanan covid tapi juga pelayanan untuk pasien non covid," ujarnya.


(mud/mud)