171 Tenaga Kesehatan di RSHS Bandung Positif Corona

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 19:03 WIB
RSHS Bandung
RSHS Bandung (Foto: Muklis Dinillah)
Bandung -

Sebanyak 171 tenaga kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung positif Corona. Total ada 212 orang di RSHS yang positif COVID-19.

Plh Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS Bandung dr. Yana Akhmad Supriatna mengatakan jumlah yang positif COVID-19 di RSHS berjumlah 212 orang terdiri dari nakes 171 orang dan non nakes 41 orang..

"Untuk bulan Juni itu sampai dengan tanggal 20 Juni kemarin, itu seluruh pegawai 212 orang (positif). Ya ini memang cukup meningkat dibanding bulan sebelumnya. Kita tahu di bulan Mei kemarin kita 61 orang sementara samai tanggal 20 Juni ini 212 (orang)," ucap Yana dalam keterangan video yang diterima detikcom, Senin (21/6/2021).

Sementara itu dari 212 orang tersebut, 12 di antaranya tengah menjalani perawatan lantaran bergejala. sedangkan sisanya tanpa gejala.

"Selebihnya itu adalah yang tanpa gejala atau gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," tuturnya.

Kendati ratusan nakes terpapar COVID-19, Yana memastikan pelayanan terhadap pasien di RSHS masih tetap diberikan. Pelayanan baik terhadap pasien COVID-19 maupun non COVID-19 diberikan dengan maksimal.

"Ya sampai dengan saat ini kami masih memberikan pelayanan bukan saja pelayanan covid tapi juga pelayanan untuk pasien non covid," ujarnya.

"Namun demikian karena kasus semakin hari semakin meningkat, dalam beberapa hari terakhir atau beberapa minggu terakhir, maka ini tentu saja menyebabkan satu beban bagi para nakes kami, baik beban psikologis maupun beban fisik ya dengan bertambahnya kasus covid apalagi ada temen-temen di antara nakes sendiri yang terkena kasus covid, tentu ini memberikan aspek psikologis kemudian juga peningkatan kasus dan tempat tidur juga yang dirasakan masih belum mencukupi secara penuh, ini juga suatu hal beban bagi para nakes ini sendiri," kata Yana menambahkan.

(dir/mud)