Hasil PPDB Jabar Diumumkan Siang Ini, Cek Namamu di Sini!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 10:33 WIB
Ilustrasi PPDB
Foto: Ilustrator: Luthfy Syahban
Bandung -

Dinas Pendidikan Jawa Barat akan mengumumkan hasil seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021. Pengumuman bisa dilihat langsung secara online.

Pengumuman itu akan dibuka pada hari ini atau Senin (21/6/2021). Rencananya, hasil seleksi PPDB akan diumumkan pukul 14.00 WIB.

Hasil seleksi itu bisa dilihat pada website PPDB Jabar yang beralamat di https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/. Calon peserta didik tingkat SMA/SMK dapat melihat namanya masuk ke sekolah yang dituju.

Untuk saat ini atau pukul 10.00 WIB, hasil pengumuman belum tersedia. Di website hanya tertera poster digital soal pengumuman hasil seleksi.

"Untuk daftar ulang, lihat penjelasan di sekolah penerima pada website PPDB di portal sekolah masing-masing," tulis pengumuman itu.

Dalam website itu juga tertera 13 kolom sekolah tujuan mulai dari Cadisdik 1 (Bogor), Cadisdik 2 (Kota Bogor dan Kota Depok), Cadisdik 3 (Bekasi dan Kota Bekasi), Cadisdik 4 (Karawang, Purwakarta dan Subang), Cadisdik 5 (Sukabumi dan Kota Sukabumi), Cadisdik 6 (Bandung Barat dan Cianjur).

Kemudian Cadisdik 7 (Kota Bandung dan Kota Cimahi), Cadisdik 8 (Bandung dan Sumedang), Cadisdik 9 (Indramayu dan Majalengka), Cadisdik 10 (Cirebon, Kuningan dan Kota Cirebon), Cadisdik 11 (Garut), Cadisdik 12 (Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya) dan Cadisdik 13 (Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar).

"Iya (betul pengumuman nanti siang)," ucap Sekretaris I PPDB Dinas Pendidikan Jabar Dian Peniasani saat dikonfirmasi.

Cara Cek Hasil PPDB

Calon Peserta Didik Baru (CPDB) dapat melihat hasil seleksi PPDB Jabar tahap 1 Tahun 2021 secara online. Berikut tahapan melihat hasilnya:

1. Kunjungi situs https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/;
2. Pilih wilayah tujuan PPDB antara cadisdik 1 hingga13;
3. Klik 'Buka Laman Cadisdik' pada wilayah tujuan PPDB peserta;
4. Kemudian pilih opsi 'Hasil Seleksi' yang berwarna kuning;
5. Hasil seleksi akan tersedia mulai pukul 14.00 WIB besok.

Untuk CPDB yang lolos seleksi PPDB Jabar 2021 Tahap 1, harus melakukan pendaftaran ulang di sekolah yang menerimanya. Pendaftaran ulang CPDB yang lolos seleksi dilakukan pada periode 22 hingga 24 Juni 2021.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran ulang sekolah penerima dapat dilihat pada laman resmi sekolah masing-masing.

Sebagai informasi, Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi menyatakan sekolah swasta turut disertakan dalam PPDB Jabar 2021. Pasalnya sekolah negeri memiliki keterbatasan kapasitas sehingga tidak bisa menampung semua calon siswa.

"Hanya 41,5 persen siswa SMP dan MTs di Jabar yang diterima di sekolah negeri. Dengan jumlah sekolah swasta yang mencapai 4 ribuan, tahun ini kita sertakan sekolah swasta masuk dalam sistem PPDB Jabar," ujar Dedi.

(dir/mso)