Siaga 1 Corona, Begini Skema Agenda Sidang di PN Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 12:35 WIB
PN Bandung
Gedung PN Bandung (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Wilayah Bandung Raya berstatus siaga 1 dan ditutup sementara lantaran lonjakan kasus Corona. Pengadilan Negeri (PN) Bandung menyiapkan skema agar agenda sidang tidak terhambat.

"Di PN (Bandung) jadwal sidang tetap ada," ucap Humas PN Bandung Wasdi Permana saat dikonfirmasi, Sabtu (19/6/2021).

Dia menjelaskan bila nantinya ada pihak-pihak yang akan bersidang meminta pemunduran jadwal, pihaknya akan mengatur ulang jadwal sidang. Hal ini, menurut Wasdi, suatu hal yang lumrah asalkan ada alasan yang kuat.

"Jika ada pihak atau kuasa yang tidak bisa masuk Kota Bandung, kita undur saja sidangnya," ujar Wasdi.

Wasdi mengatakan sidang-sidang di Bandung memang melibatkan pihak-pihak dari luar Bandung. Dia mencontohkan sejumlah sidang di Pengadilan Hubungan Industri (PHI) Bandung yang kebanyakan dari luar Bandung.

"Terutama di PHI, karena kebanyakan pihaknya dari Bekasi.Tadi juga sudah ada yang tanya dari Bogor, kita siap di PHI. Tapi jika pihaknya minta undur karena tidak bisa masuk Bandung, ya kita undur," tutur dia.

Sementara itu, panitera muda Tipikor PN Bandung, Yuniar mengatakan penutupan Bandung Raya sejauh ini tak berimbas pada agenda sidang Tipikor. Menurutnya, agenda persidangan masih sesuai dengan jadwal semula.

"Sementara untuk sidang tidak berpengaruh untuk yang berhubungan langsung dengan sidang. Belum ada penundaan, semuanya masih normal untuk persidangan," ucapnya.

"Khusus Tipikor normal seperti biasa, cuma mungkin pengurangan orang yang masuk ke pengadilan, jadi dibatasi saja," kata Yuniar menambahkan.

PN Bandung saat ini memang tengah memproses sejumlah persidangan baik kasus pidana umum maupun Tipikor. Untuk kasus Tipikor, sidang yang tengah berjalan di antaranya kasus suap Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna, kasus RTH dengan terdakwa Dadang Suganda hingga kasus suap dana bantuan provinsi dengan terdakwa Abdul Rozaq Muslim.

Sedangkan untuk kasus pidana umum, PN Bandung saat ini tengah memproses kasus penganiayaan sopir taksi online yang melibatkan Habib Bahar bin Smith. Sidang tersebut memasuki babak akhir dengan agenda pembacaan vonis pada 22 Juni 2021 mendatang.

(dir/bbn)