Corona Mengganas, BOR di Jabar Selama Sepekan Melonjak Tajam!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 09:50 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Kasus COVID-19 di sejumlah wilayah di Jabar melonjak dalam sepekan ini. Angka keterisian rumah sakit (RS) atau Bed Occupancy Rate (BOR) sudah penuh.

Kota Bandung misalnya. Data BOR RS di Kota Bandung nyaris kolaps. Bahkan, ada beberapa rumah sakit yang angkanya di atas rata-rata standar WHO.

Dari data Pusat Informasi COVID-19 Jawa Barat, BOR di Kota Bandung dengan update terakhir, 17 Juni 2021, mencapai 87.71 persen. Total tempat tidur di 25 rumah sakit mencapai 1.871, dari jumlah tersebut 1.641 sudah digunakan.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut angka BOR di rumah sakit rujukan COVID-19, setengahnya diisi oleh warga dari luar Kota Bandung. Meski demikian, Yana memastikan rumah sakit di Kota Bandung tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik.

"Memang berdasarkan indikator BOR seperti kita ketahui sudah di atas 90 persen. Tapi kalau kita lihat 50 persennya itu bukan warga Kota Bandung. Tentunya atas dasar kemanusiaan tidak mungkin rumah sakit menolak pasien non Kota Bandung," ujar Yana, Jumat (18/6).

Simak juga 'Warning! BOR Covid-19 RS di DIY Sudah Capai 75 Persen':

[Gambas:Video 20detik]