Catat! Ganjil Genap di Bogor Berlangsung Enam Jam

M. Sholihin - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 10:22 WIB
Bogor -

Aturan ganjil genap kembali diberlakukan di Kota Bogor. Sesuai tanggal, maka hanya kendaraan bernopol ganjil yang boleh melintas di Kota Bogor hari ini.

Ada yang berbeda dalam pemberlakuan ganjil genap di akhir pekan ini. Sebelumnya, ganjil genap diberlakukan selama sembilan jam. Kini ganjil genap Kota Bogor hanya berlangsung selama enam jam atau mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

"Untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat, maka di dalam kota kami memberlakukan ganjil-genap selama enam jam," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Sabtu (19/6/2021).

Susatyo menyebut ada lima titik check point yang berfungsi menyekat kendaraan-kendaraan yang akan masuk ke kawasan tengah Kota Bogor. Di antaranya yakni, Simpang Branangsiang, Putaran RM Bumi Aki Jalan Pajajaran, Simpang Air Mancur, Simpang Jembatan Merah, dan Simpang Empang.

Jika kondisi di dalam Kota Bogor dinilai padat, kata Susatyo, penyekatan dengan cara menutup akses tol menuju Kota Bogor akan diberlakukan. "Untuk dari luar kota, secara situasional kami dapat menutup ruas tol menuju Kota Bogor," ucap Susatyo.

Aturan ganjil genap diberlakukan sebagai upaya Pemkot Bogor dan Forkopimda Kota Bogor untuk mengurangi mobilitas warga dan menurunkan angka penyebaran COVID-19. Ganjil genap tidak hanya berlaku untuk warga luar Kota Bogor, tetapi untuk semua.

Pelaksanaan ganjil genap ini juga tidak berlaku untuk orang-orang dengan tujuan produktif dan mendesak. Aturan ini juga tidak berlaku untuk ojek dan taksi online serta kendaraan prioritas yaitu ambulans, pemadam kebakaran, pengantar orang sakit dan kendaraan pemerintah yang melakukan kedinasan.

(bbn/bbn)