120 Pengendara Di-swab di Exit Tol Cileunyi-Soroja, 3 Orang Reaktif

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 22:48 WIB
Pintu Tol Cileunyi jelang pelarangan mudik
Gerbang Tol Cileunyi (Foto: M Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Petugas gabungan melakukan penyekatan kendaraan di exit Tol Cileunyi dan Soroja, Kabupaten Bandung. Pada Operasi Yustisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang digelar Jumat (18/6/2021), pukul 16.00-20.00 WIB, seratusan kendaraan berpelat nomor luar Bandung diperiksa petugas.

Pengendara yang tidak dapat memperlihatkan surat bebas COVID-19 harus melakukan swab antigen di pos kesehatan. Ada 120 orang menjalani swab antigen secara acak di dua lokasi tersebut. Berdasarkan hasil pengetesan itu tiga orang dinyatakan reaktif.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan melalui Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa mengatakan penyekatan tersebut digelar untuk mencegah melonjaknya kasus COVID-19 di Bandung Raya, khususnya Kabupaten Bandung. "Kabupaten Bandung saat ini zona merah, oleh karena itu kami dari Satlantas Polresta Bandung melakukan penyekatan bagi kendaraan yang akan masuk ke Kabupaten Bandung," kata Erik dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (18/6/2021).

"120 orang yang di-swab, hasilnya tiga orang reaktif dan sudah ditindaklanjuti oleh satgas untuk isolasi mandiri dilanjutkan tes PCR," ujar dia menambahkan.

Satlantas Polresta Bandung bersama petugas gabungan akan terus menggelar Operasi Yustisi PPKM Mikro. Tujuannya untuk mengurangi mobilitas masyarakat selagi status Kabupaten Bandung zona merah Corona.

"Kami imbau kepada masyarakat untuk sementara jangan kemana-mana dulu, diam saja di rumah karena kondisi saat ini wilayah Bandung Raya siaga 1 COVID-19," kata Erik.

(wip/bbn)