Pelajar yang Hilang Terseret Arus di Pesisir Palabuhanratu Ditemukan Tewas

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 11:45 WIB
Tim SAR gabungan evakuasi jasad korban yang hilang tenggelam di pesisir Palabuhanratu, Sukabumi.
Foto: Tim SAR gabungan evakuasi jasad korban yang hilang tenggelam di pesisir Palabuhanratu, Sukabumi (Istimewa).
Sukabumi -

Hasbi, pelajar asal Kabupaten Bogor yang hilang terseret arus di Pantai Istiqomah, Palabuhanratu ditemukan tewas. Jasadnya ditemukan 2 mil dari lokasi kejadian.

Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif mengatakan korban ditemukan sekitar pukul 08.20 WIB, Jumat (18/6/2021). Usai ditemukan jasad korban langsung dievakuasi tim SAR gabungan ke RSUD Palabuhanratu.

"Jasad tersebut diketahui atas nama Hasbi, ditemukan perairan pantai SBH 2 mil dari tempat kejadian oleh anggota Satpolair Polres Sukabumi dan Tim SAR," kata Lukman kepada detikcom, Jumat (18/6/2021).

Menurut Lukman, tim SAR sempat lebih dulu memastikan jasad itu adalah korban kecelakaan laut yang dikabarkan hilang beberapa waktu lalu.

"Korban adalah wisatawan yang tenggelam terseret ombak pada hari Rabu tanggal 16 Juni 2021 di Pantai Istiqomah, Palabuhanratu, Selanjutnya korban kami evakuasi ke RSUD Palabuhanratu oleh anggota Satpol Air, kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan," ucap Lukman.

Sementara itu, Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) menyampaikan rasa belasungkawa terkait musibah yang dialami korban.

"Upaya pencarian hari ini dilakukan dengan membagi area pencarian menjadi 2 (dua) dimana SRU pertama melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dengan luas area 14 NM² menggunakan Rubber Boat, kemudian SRU kedua melakukan pencarian visual dipesisir pantai sejauh 8 Km dari lokasi kejadian," kata Hendra.

Hendra menambahkan selain Basaenas banyak pihak yang ikut dalam operasi SAR tersebut hingga akhirnya jasad korban ditemukan di pencarian hari ke tiga.

"Banyak melibatkan unsur SAR gabungan yang terdiri dari Pos SAR Sukabumi, BPBD Kab. sukabumi, Damkar Kab. Sukabumi, Polair Polres Kab. Sukabumi, Koramil Palabuhan Ratu, Balawista Kab. Sukabumi, Siberu, ACT Sukabumi, Sarda, Karang Taruna Citepus, HNSI Kab. Sukabumi, Pramuka Peduli Kab. sukabumi, Catatan Cakrawala, IEA Kab. Sukabumi, Khatulistiwa, RAPI Pelabuhan Ratu, IEA Bogor termasuk Keluarga korban," ujarnya.

Sebelumnya, Hasbi (17), seorang pelajar asal Kabupaten Bogor, hilang tenggelam saat berenang di Pantai Istiqomah, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Tim SAR gabungan turun untuk melakukan pencarian.

(sya/mso)