Masuk Bandung Dilarang, Polisi Akan Berlakukan Buka Tutup Jalan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 10:30 WIB
Suasana kawasan Jalan Merdeka yang ditutup untuk kendaraan di Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/4/2020). Sejumlah ruas jalan protokol di Kota Bandung ditutup sementara dalam rangka pembatasan sosial dan pengurangan titik kumpul warga guna pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/pras.
Foto: Penutupan jalan di Bandung (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI).
Bandung -

Polisi melakukan buka tutup jalan di area masuk ke Kota Bandung menyusul larangan wisatawan datang ke Bandung Raya. Penutupan jalan dilakukan di waktu-waktu tertentu.

"Tiap malam kan ditutup sampai ring tiga, kemudian pada hari Jumat, Sabtu dan Mnggu, pukul 14.00 akan dilakukan penutupan jalan sampai 16.00 (WIB). Jadi jam 2-4 sore, kemudian jam 6 magrib kita lakukan penutupan lagi," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya kepada wartawan, Kamis (17/6/2021).

Ulung menuturkan untuk ring satu Kota Bandung terletak di wilayah Kota. Sedangkan ring dua berada di lingkar masuk menuju ke Bandung.

"Kalau perbatsannya ring tiga," katanya.

Menurut Ulung, penutupan ini merupakan upaya pengetatan guna mencegah terjadinya kerumunan. Hal ini sekaligus mencegah penyebaran COVID-19.

"Dalam rangka menekan mobilitas masyarakat, artinya masyarakat tidak akan berlebihan mobilitasnya," tutur dia.

Sebelumnya, Kasus COVID-19 di Bandung Raya melonjak. Hal ini membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melarang sementara wisatawan untuk masuk ke wilayah Bandung Raya.

"Kami mengimbau agar tidak ada wisatawan yang datang ke Bandung raya selama tujuh hari ke depan sampai pengumuman selanjutnya," ucap Kang Emil sapaannya di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (15/6/2021).

Kasus di wilayah Bandung Raya sendiri saat ini melonjak. Berdasarkan tingkat keterisian rumah sakit, angkanya kini berada di 84,19 persen. Kang Emil juga sudah menetapkan Bandung Raya siaga satu.

Menurut Kang Emil, pelarangan wisatawan itu juga terutama untuk ke daerah wisata seperti di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. Kedua daerah itu juga saat ini masuk zona merah.

"Oleh karena itu saya imbau wisatawan yang biasanya mayoritas dari DKI Jakarta juga kami minta untuk tidak datang selama tujuh hari ke depan ke wilayah Bandung raya sehingga kondisi siaga satu ini dipahami secara jelas bahwa kami sedang mengerem darurat untuk mengendalikan situasi yang memang terbukti oleh libur panjang mudik yang menghasilkan lonjakan luar biasa," tutur dia.

Simak video 'Stadion GBLA Akan Disulap Jadi Tempat Vaksinasi COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)