Catat! Ini Syarat Isolasi Mandiri di Rumah dan Fasilitas Pemkot Bandung

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 09:05 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Pemkot Bandung mengimbau orang tanpa gejala (OTG) melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Bisa juga menjalani isoman yang difasilitasi Pemkot Bandung. Bagaimana syaratnya?

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menegaskan tempat isoman harus layak. "Pokoknya seizin puskesmas setempat. Kalau tidak layak, ditarik ke tempat isoman kita yang dari pemerintah kota," kata Ema di Balai Kota Bandung, Kamis (17/6/2021).

Menurut Ema, sangat mudah membedakan mana rumah yang layak dan mana yang tidak. Salah satunya dilihat dari ventilasi udara.

"Ventilasi harus bagus, makannya pak wali kota meminta semua kewilayahan wajib mempersiapkan isoman kewilayahan," ujar Ema.

Ema mengimbau bila ada keluarga yang terpapar positif dan anggota keluarganya lainnya negatif sebaiknya tidak tinggal dalam satu rumah. Ia meminta OTG menjalani isolasi mandiri di fasilitas pemerintah.

"Jadi gini, yang positif dengan negatif diupayakan jangan (disatukan). Kalau positif dengan positif tidak masalah, di rumah sakit juga ada, enggak ada masalah," kata Ema.

Selain fasilitas isoman yang dikelola Pemkot Bandung, Ema menjelaskan ada tempat isoman di kewilayahan. "Jadi jangan dulu langsung ke tempat yang difasilitasi Pemkot, diberdayakan dulu tempat isoman yang ada di wilayahnya. Camat harus piawai memberikan pencerahan atau mengedukasi serta menjelaskan kepada masyarakat," tutur Ema.

Ia mencontohkan salah satu RW di Kecamatan Rancasari yang menyiapkan tempat isolasi mandiri representatif. "Di RW 4, saya lupa kelurahannya, pokoknya di Rancasari. Sangat representatif, ada tabung oksigen, tempat tidur layak, antarkamar jaraknya luar biasa," ucap Ema.

Simak video 'Stadion GBLA Disulap Jadi Tempat Vaksinasi COVID-19 untuk Besok':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/bbn)