Pemuda Difabel di Pandeglang Badannya Melepuh Usai Diduga Dicekoki Miras

Rifat Alhamidi - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 12:32 WIB
Pemuda difabel di Pandeglang badannya melepuh diduga dicekoki miras
Pemuda difabel di Pandeglang badannya melepuh diduga dicekoki miras (Foto: Dok keluarga)
Pandeglang -

Seorang pemuda disabilitas di Pandeglang, Banten bernama Zaenal Abidin (27) hanya bisa pasrah berbaring di rumah sakit. Setengah tubuhnya, tiba-tiba melepuh seperti terbakar. Dugaan kuat, ia mengalami hal itu setelah dicekoki minuman keras oleh seseorang.

Kejadian bermula saat Zaenal mengeluh bagian mulutnya sakit dan terasa panas pada Kamis (10/6/2021). Setelah dicek oleh keluarga, bibir pemuda disabilitas itu sudah dalam kondisi melepuh dan berubah warna kehitaman.

"Tadinya cuma timbul bintik-bintik, lama kelamaan melepuh gitu kang seperti kesiram air panas. Akhirnya langsung dibawa ke puskesmas sama keluarga," kata sepupu Zaenal, Irwan Oktaviani (27) kepada detikcom saat dikonfirmasi di Pandeglang, Banten, Rabu (16/6/2021).

Tiba di puskesmas, kondisi Zaenal makin parah. Area kulitnya yang terbakar ternyata meluas menutupi seluruh wajahnya bahkan menjalar hingga ke bagian dada.

Pihak puskesmas selanjutnya langsung merujuk Zaenal ke RSU Berkah Pandeglang karena kondisinya sudah bertambah parah. Ketika tiba di rumah sakit, luka bakar yajg dialami pemuda difabel itu sudah menjalar hingga ke area selangkangan.

"Dibawa ke rumah sakit itu malem-malem udah setengah badannya melepuh. Alhamdulillah langsung ditangani, langsung masuk IGD terus luka bakarnya enggak menjalar lagi setelah dikasih obat sama dokter," ujarnya.

Berdasarkan hasil diagnosa dokter, disebutkan bahwa Zaenal mengalami alergi obat hingga mengakibatkan kulitnya melepuh. Kondisi itu terjadi lantaran terdapat pengaruh alkohol di dalam tubuhnya yang menyebabkan setengah badan Zaenal berubah menghitam seperti mendapat luka bakar.

Dari sini, kecurigaan muncul di benak keluarga. Pasalnya, Zaenal dalam dua tahun terakhir sedang menjalani pengobatan akibat mengalami gangguan penyakit mental.

"Keluarga kan curiga, ditambah dari hasil lab nya kata dokter ada kejanggalan alkohol. Ternyata pas ditanya sama orangnya, dia akhirnya mau ngomong. Bener ada yang ngasih miras pas malem sebelum tubuhnya kayak gini," ungkap Irwan.

Akibat kejadian itu, keluarga lalu melapor ke pihak kepolisian. Keluarga berharap polisi bisa mengusut secara tuntas perkara ini dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Iyah sudah ada yang lapor, semalam juga ada polisi datang ke rumah nyelidikin kasusnya. Mudah-mudahan cepet diusut supaya pelakunya juga bisa segera ditangkap," pungkasnya.

(mud/mud)