Catat! Lansia di Banten yang Butuh Vaksinasi Bisa Hubungi 110

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 20:40 WIB
Ilustrasi vaksinasi
Foto: Ilustrasi: Fuad Hashim
Serang -

Warga Banten khususnya lansia di atas 50 tahun atau pendidik dan warga yang membutuhkan vaksinasi disediakan layanan vaksinasi melalui call center 110. Polda Banten menyediakan 129.278 dosis vaksin Sinovac untuk warga yang membutuhkan.

Penyediaan vaksin ini diluncurkan jelang HUT Bhayangkara ke-75 dengan program 'Go-vaksin Dijajapkeun ka Bumi'. Vaksinasi langsung dilakukan ke rumah-rumah dengan terlebihdahulu menghubungi 110.

"Polda Banten menerima sebanyak 129.278 dosis vaksin untuk warga penerima vaksin, dan Bhabinkamtibmas akan dikerahkan sebagai tracer bekerja sama dengan Babinsa dan kepala desa untuk melakukan penelusuran (tracing) bagi warga yang belum divaksinasi di daerah tugas masing-masing," kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi kepada wartawan di Serang, Banten, Senin (14/6/2021).

Edy menjelaskan, warga bisa langsung menghubungi ke 110. Di sana, nanti tim pelayanan akan mendata kebutuhan vaksinasinya dan langsung diverifikasi oleh Bhabinkamtibmas. Setelah verifikasi maka vaksinasi akan diluncurkan. Harapannya, sasaran lebih banyak ke para lansia yang membutuhkan.

"Kenapa tujuannya ke lansia? Karena risikonya besar, rawan jadi kita jemput bola. Apabila di rumah ada beberapa orang, nanti kita akan melakukan pendataan. Dari pendataan itu kita bisa ketahui ada berapa masyarakat yang divaksinasi," ujarnya.

Program ini katanya diharapkan bisa membantu percepat proses vaksinasi khususnya untuk para lansia. Tahap pertama, polda memang mendapatkan 129 ribu lebih dosis. Jika antusiasme vaksinasi berhasil, maka pemberian vaksin ini akan dilanjutkan.

"Akan dilakukan tahap kedua dengan jumlah sama atau bisa lebih besar. Vaksinasi akan dilakukan ke masyarakat yang belum divaksin," pungkasnya.

Simak video 'Vaksin Novavax Diklaim 90% Ampuh Lawan Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mso)