196 Jenazah di TPU Cikadut yang Dinyatakan Negatif Corona Dipindahkan

Wisma Putra - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 18:17 WIB
Kasus COVID-19 di Kota Bandung melonjak. Di TPU Cikadut, Kota Bandung, sebanyak 130 jenazah COVID-19 dimakamkan dalam dua pekan terakhir.
TPU Cikadut Bandung (Foto: Wisma Putra)

Lahan Pemakaman Masih Tersedia

Dari catatan Distaru Kota Bandung, per Tanggal 10 Juni, lahan tersedia 20 ribu meter persegi untuk lima ribu liang lahat, yang sudah terpakai 5.532 meter persegi atau 1.383 liang lahat. Dari 1.383 liang lahat, hasil verifikasi Dinas Kesehatan yang terkonfirmasi positif itu 359.

"Kita berbicara kapasitas kita masih banyak, tapi bukan karena itu harapan kita, nyawa satu orang pun luar biasa, jangan sampai terjadi mati sia-sia," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di SMPN 43 Bandung, Senin (14/6/2021).

"Kalau lahan masih sangat siap, lubang masih banyak tapi kan bukan itu tujuannya, kalau pro bahasa sedia payung sebelum hujan jangan sampai ada orang kena COVID-19 sulit cari makam, kalau Bandung aman," tegas Ema.

Terkait pasien negatif COVID-19 yang dimakamkan di TPU Cikadut, Ema sudah meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Bandung agar berkoordinasi dengan pihak rumah sakit.

"Itu teknis, saya sudah bicara ke Bu Ahyani. Bu Ahyani sudah rapat dengan seluruh pimpinan rumah sakit, nah ini harus benar-benar valid bahwa di Bandung jangan sampai (ada pikiran) di Bandung lahannya masih luas, saya pikir tidak ada pikiran kesana. Kalau memang COVID-19, kita sudah tetapkan lokasi di Cikadut. Tapi kalau tidak COVID-19 jangan divonis COVID-19," ungkap Ema.

"Ini harus benar-benar valid, tenaga medis memonitor orang yang sudah wafat itu COVID-19 atau tidak. Jangan sampai ada polemik, orang ada ketakutan, tidak COVID-19 divonis COVID-19," tambahnya.

Ema menyebut, jika TPU Cikadut digunakan untuk jenazah COVID-19 asal Kota Bandung.

"Saya tegaskan, yang saya pahami itu mutlak hanya untuk masyarakat Kota Bandung, jadi SK Wali Kota menetapkan ini adalah lokasi tempat pemakaman bagi masyarakat Kota Bandung yang terkena COVID-19 dan wafat karena COVID-19. Logika dan pemahaman saya, lokasi pemakaman COVID-19 di kabupaten kota punya lokasi masing-masing," ujarnya.

Terkait jenazah asal Kabupaten Bandung yang dimakamkan di TPU Cikadut, Ema akan memberikan laporan itu kepada Wali Kota Bandung supaya melakukan koordinasi antar pimpinan.

"Pasti, nanti saya juga sampaikan ulang kepada Pak Wali Kota. Pak Gubernur juga tahu, Cikadut itu untuk Kota Bandung. Nanti kita tegaskan supaya masing-masing daerah (tahu). Saya tidak punya otoritas mengomentari itu, tapi saya hanya berbicara, Bandung ada? Bandung mah dari tahun 2020, kita sudah menetapkan 5 hektare untuk mengakomodasi terhadap masyarakat apabila Allah takdirkan karena COVID-19," pungkasnya.


(wip/mud)