196 Jenazah di TPU Cikadut yang Dinyatakan Negatif Corona Dipindahkan

Wisma Putra - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 18:17 WIB
Kasus COVID-19 di Kota Bandung melonjak. Di TPU Cikadut, Kota Bandung, sebanyak 130 jenazah COVID-19 dimakamkan dalam dua pekan terakhir.
TPU Cikadut Bandung (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Ratusan liang lahat di pemakaman COVID-19 di TPU Cikadut, Kota Bandung dibongkar dan jasadnya dipindahkan. Hal tersebut dilakukan ahli warisan karena jenazah anggota keluarga yang dimakamkan di TPU Cikadut dinyatakan negatif COVID-19 beberapa hari kemudian setelah dimakamkan.

"Masih di angka 196 (yang dipindahkan), dipindahkan atas permintaan ahli waris," kata Kadistaru Kota Bandung Bambang Suhari via sambungan telepon, Senin (14/6/2021).

1.400 an liang lahat yang sudah digunakan, 671 dinyatakan positif COVID-19, sisanya negatif.

"Sudah terisi update sampai hari ini 1400 an, dinyatakan positif sampai kemarin 365 untuk Kota Bandung dan 306 luar Kota Bandung," ujarnya.

Bambang mengungkapkan, rata-rata makam yang dibongkar karena jenazah dinyatakan negatif memiliki penyakit bawaan atau kormobid.

"Berdasarkan data yang dibawa ahli waris macam-macam, ada yang kormobidnya jantung, diabetes, pokoknya dirawat di rumah sakit kemudian dimakamkan menggunakan protokol, setelah dimakamkan ternyata negatif, keluar beberapa hari setelah pemakaman dan ahli waris membawa bukti negatif untuk memindahkan dari Cikadut ke tempat lain. Kami tidak menolak," ungkapnya.

Meski dapat dipindahkan, pihaknya sarankan agar tidak dipindahkan dahulu jika jenazah sedang dalam proses pembusukan.

"Tapi kami sarankan, dari sisi pandangan lain untuk ahli waris bersabar, kami tidak tega memindahkan kondisi jenazah yang sedang dalam proses pembusukan. Mohon bersabar sampai 2 tahun, kalau sudah 2 tahun kan lebih aman, itu saran kami," ujarnya.

Saat disinggung alasan apa yang sebarkan ahli waris ingin memindahkan jenazah anggota keluarganya, karena ingin dekat dengan TPU keluarga dan TPU Cikadut dirasa jauh.

"Alasan sederhana ingin lebih dekat pada saat ziarah, ke Cikadut lebih jauh. Kemudian ingin dekat dengan makam keluarga,"pungkasnya.