14 Pedagang Positif COVID-19, Pantai Cemara Cianjur Ditutup Sementara

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 16:20 WIB
Pantai Cemara Cianjur ditutup sementara akibat pedagang positif Corona
Pantai Cemara Cianjur ditutup sementara akibat pedagang positif Corona (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Sebanyak 14 orang pedagang di kawasan wisata Pantai Cemara terkonfirmasi positif COVID-19. Akibatnya objek wisata yang berlokasi di Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur itu ditutup sementara.

Kepala Puskesmas Cidaun Eman Sulaeman, menjelaskan temuan tersebut diketahui setelah pihak Puskesmas Cidaun melakukan rapid test antigen secara acak kepada 16 orang pedagang di kawasan pantai Cemara.

Didapati 14 di antaranya terkonfirmasi positif Corona berdasarkan test antigen."Dari seluruh pedagang, ada 16 yang kita test. Dan ternyata 14 orang yang terkonfirmasi positif, hanya dua yang dinyatakan sehat," ucapnya, Kamis (10/6/2021).

Menurut Eman, 14 orang tersebut langsung diminta untuk menjalani isolasi mandiri. Bahkan selama jalannya isolasi akan dipantau ketat oleh petugas.

"Kami bersama Satgas Kecamatan Cidaun telah memastikan 14 orang tersebut untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing yang dijaga ketat oleh petugas. Jika selama dua minggu tidak ada gejala apapun, insya Allah sehat," tuturnya.

Kapolsek Cidaun AKP Sumardi, mengatakan dengan adanya temuan tersebut, Forkopimcam Cidaun sepakat untuk melakukan penutupan sementara destinasi pantai Cemara.

Penutupan tersebut dilakukan mulai dari 8 sampai 13 Juni 2021 demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kita akan test lagi nanti, kalau masih ditemukan yang positif maka penutupan akan diperpanjang," kata dia.

Dia mengungkapkan, untuk mencegah adanya wisatawan masuk ke area tersebut, pihaknya melakukan penjagaan di semua pintu masuk kawasan Pantai Cemara. "Semua akses masuk kita jaga ketat dan wisatawan kita putar arahkan," ucap dia.

Simak video 'Pasien Corona di Wisma Atlet Meroket, Kini Rawat 3.217 Orang':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)