Klaster Industri Purwakarta, 48 Karyawan di Satu Pabrik Positif Corona

Dian Firmansyah - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 17:32 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Foto: Ilustrasi (Getty Images/BlackJack3D).
Purwakarta -

Sebanyak 48 karyawan di PT. South Pasific Viscose (SPV), yang ada di Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil Swab PCR. Puluhan karyawan itu terpapar setelah salah satu karyawan mengeluhkan sakit dan terkonfirmasi positif sehingga menjadi klaster penyebaran di areal industri.

"48 orang yang terkonfirmasi itu merupakan jumlah akumulasi dari hasil tracing sejak tanggal 26 Mei hingga saat ini," ujar Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Purwakarta Erlitasari, Rabu (09/06/2021).

Erlita mengatakan penyebaran diduga diawali oleh salah satu karyawan yang mengalami gejala COVID-19 dan di rawat di rumah sakit Abdul Radjak. Sejak itu pihak perusahaan melaporkan kepada satgas kabupaten dan dilakukan tracing.

"Kita lakukan tracing ke satu orang itu, kemudian ada beberapa yang datang ke klinik setelah di tes PCR ternyata positif, kita otomatis lakukan tracing lagi," katanya.

Karyawan yang terpapar terdapat dari beberapa bidang pekerjaan. Di bidang tertentu terdapat satu orang positif maka satgas lakukan tracing ke bidang tersebut. Jika karyawan yang hasilnya negatif maka dapat melakukan pekerjaan seperti biasa, sehingga aktivitas perusahaan dapat terus berjalan.

Masih kata Erlita, klaster ini diduga kuat di picu dari penyebaran mudik dan libur Lebaran lalu. Karyawan yang tidak mengetahui dirinya terkonfirmasi menyebarkan kembali di lingkungan kerja maupun lingkungan rumah.

"Kami terus lakukan tracing dan testing, baik ke karyawan maupun ke keluarga karyawan yang positif. Ke 48 orang ini sudah ada di beberapa rumah sakit maupun di wisma isolasi yang disediakan pemerintah," ungkapnya.

(mso/mso)