29 Warga Rengasdengklok Karawang Positif Corona Usai Liburan ke Pantai

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 15:26 WIB
29 warga Rengasdengklok positif Corona usai liburan ke pantai
29 warga Rengasdengklok positif Corona usai liburan ke pantai (Foto: Yuda Febrian)
Karawang -

29 warga di Desa Rengasdengklok Selatan, Kabupaten Karawang positif COVID-19. Mereka terpapar Corona usai berwisata ke pantai.

Kepala Puskesmas Rengasdengklok Selatan, Cucu mengatakan dari hasil tes swab antigen acak, ada 29 warga positif COVID-19 usai berwisata ke pantai utara Karawang.

"Jadi di Desa Rengasdengklok Selatan ini ada 29 orang positif, 21 orangnya di isolasi di madrasah, dan 8 orang isolasi mandiri di rumahnya," tutur Cucu saat diwawancarai usai rapat minggon, di Aula Desa Rengasdengklok Selatan, Selasa (8/6/2021).

Saat ini puluhan warga tersebut sudah menjalani masa isolasi selama 6 hari."Terhitung hari ini, sudah 6 hari isolasi berlangsung," katanya.

Sementara itu, Camat Rengasdengklok Sri Rezeki menuturkan, warga yang diisolasi di madrasah diklaim mulai membaik. Kebutuhan mereka selama isolasi disediakan pemerintah desa.

"Yang isolasi di madrasah, kata petugas sudah mulai membaik, tapi saya imbau untuk kepala desa agar mengupayakan adanya suplai kebutuhan makan, dan minumnya," katanya saat pemaparan di rapat minggon.

Sementara itu, ia juga mengintruksikan untuk mengetatkan PPKM Mikro di kewilayahan RW, dan RT.

"Dan juga buat RT, dan RW mohon untuk diketatkan lagi PPKM Mikronya, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, cek lagi kalau ada warga yang hajatan, terus berkerumun tolong laporkan, biar nanti satgas membubarkannya," katanya.

Terkait data keseluruhan positif di kecamatan Rengasdengklok, ia tidak mengungkapkannya. Namun, ia menerangkan ada 3 warga yang positif meninggal dunia.

"Total yang sudah meninggal itu ada 2 orang kemarin, dan sekarang bertambah 1, untuk data keseluruhan yang positif, per hari ini, itu nanti dilaporkan dulu ke Satgas kabupaten," katanya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Karawang, Fitra Hergyana mengungkapkan Karawang saat ini masih termasuk zona oranye, meski ia tidak memungkiri adanya kenaikan angka positif selama sepekan.

"Karawang statusnya masih oranye, namun perminggu kemarin, terdapat peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 perharinya, biasanya 5 yang positif, namun sejak Kamis kemarin, perharinya itu ada 62 yang positif, terus Jum'at 102 orang, dan Minggu 101 orang, dan Senin 73 orang," terangnya.

Peningkatan tersebut diakuinya, diakibatkan karena adanya peningkatan mobilitas warga pasca liburan, dan lebaran.

"Jadi memang adanya peningkatan jumlah positif ini disebabkan, peningkatan mobilitas warga usai liburan pasca lebaran," ungkapnya.

Untuk antisipasinya, Bupati kembali mengeluarkan surat edaran SK Bupati terkait perpanjangan PPKM Mikro, hingga 14 Juni.

"Jadi satgas melalui SK Bupati kembali memperpanjang PPKM Mikro, sejak tanggal 31 Mei hingga 14 Juni," tuturnya.

Adapun isi PPKM Mikro kali ini, tidak terlepas seperti PPKM Mikro sebelumnya, namun hanya penekanan lebih dari pengetatan di wilayah terkecil yakni RT, dan RW.

"Tidak ada yang berbeda dengan PPKM Mikro sebelumnya, hanya klaster mudik ini data yang positif ini meningkat, dari hari Kamis kemarin hingga sekarang, hanya ada penekanan lebih atas pengetatan di RT, dan RW," tandasnya.

(mud/mud)