Alur Kawin Kontrak di Cianjur yang Dicap Prostitusi Terselubung

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 14:09 WIB
Cianjur -

Praktik kawin kontrak yang dicap prostitusi terselubung di Cianjur menjadi sorotan. Pemkab Cianjur pun mengeluarkan larangan terkait praktik yang dinilai merendahkan martabat perempuan itu.

Terungkap bahwa alur perjalanan praktik kawin kontrak ini sudah dimulai sejak pelaku, yang didominasi wisatawan asal Timur Tengah (Timteng), tiba di bandara yang berlokasi di Jakarta. Mereka dijemput oleh sopir khusus memang biasa membawa turis asal Timteng ke Cianjur.

Udin (nama samaran), calo kawin kontrak, mengungkapkan para wisatawan itu langsung menanyakan soal kawin kontrak. "Jadi kalau yang memang sudah berkeluarga dan tampilannya orang yang taat, biasanya tanya soal kawin kontrak," ucap Udin, Selasa (8/7/2021).

Pamer Foto Perempuan

Setiba di Cianjur, warga Timteng itu dipertemukan dengan calo atau perantara lain yang biasanya merupakan pengelola vila. "Nanti diperlihatkan foto-fotonya (wajah perempuan), sekiranya ada yang cocok akan langsung dibawa dan diperkenalkan," kata dia.

Pertemuan antara wisatawan Timteng dan pihak perempuan ini langsung membicarakan tarif kawin kontrak. Biasanya, warga Timteng ini menanyakan durasi kawin kontrak dan usia calon pasangannya.

"Minimalnya Rp 15 juta untuk kawin kontrak selama seminggu. Ada juga yang Rp 25 juta selama 2 minggu. Tergantung kesepakatan. Tapi itu di luar biaya sehari-hari, itu hanya untuk mahar kawin kontraknya," ucap dia.

Lihat juga Video: Seorang WNA Pemesan Kawin Kontrak di Bogor Jadi Tersangka

[Gambas:Video 20detik]