Hari Jadi ke-531 Majalengka Digelar Sederhana Imbas Pandemi Corona

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 14:18 WIB
Kabupaten Majalengka
Foto: Kabupaten Majalengka (Bima Bagaskara/detikcom).
Majalengka -

Pandemi COVID-19 memaksa peringatan Hari Jadi ke 531 Kabupaten yang jatuh pada 7 Juni 2021 nanti, digelar sederhana tanpa adanya hiburan rakyat. Ini kali kedua Pemkab Majalengka tidak menggelar hiburan rakyat pada peringatan hari jadi gegara pandemi COVID-19.

Sekertaris Daerah Kabupaten Majalengka Eman Suherman mengungkapkan dalam rangkaian hari jadi tahun ini dipastikan tidak ada agenda yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Tahun lalu juga sama, enggak ada pesta-pesta atau hiburan rakyat. Yang ada paling ziarah saja itupun tidak diikuti banyak orang agar tidak berkerumun," kata Eman, Jumat (4/6/2021).

Eman menegaskan keputusan untuk tidak mengadakan hiburan rakyat di momen Hari Jadi ke 531 Majalengka tidak lain adalah untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19. Meskipun, kata dia, saat ini tren kasus COVID-19 di Kabupaten Majalengka sendiri dianggap sudah mulai landai bahkan menurun.

"Kondisinya masih seperti ini. Di sini (Majalengka) memang trennya landai ya, dari saat Lebaran kemarin. Tapi kita juga harus tetap berupaya mencegah penyebarannya," jelasnya.

Meski begitu, Pemkab Majalengka tetap akan mengadakan beberapa serangkaian kegiatan untuk memperingati hari jadi. Dari data yang diterima detikcom, rangkaian kegiatan Hari Jadi Majalengka ke 531 telah dimulai sejak 27 Mei 2021 dengan agenda donor darah bagi Forkompinda dan OPD.

Kemudian pada 4 Juni, Bupati Majalengka Karna Sobahi dijadwalkan menghadiri kegiatan ziarah ke makam Pangeran Muhammad dan Mbah Badori. Puncaknya, pada Senin 7 Juni nanti akan dilaksanakan rapat paripurna istimewa di DPRD Kabupaten Majalengka.

(mso/mso)