Terungkap! Ini Penyebab 32 Pegawai di Gedung Sate Positif Corona

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 16:32 WIB
Gedung Sate
Gedung Sate (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Delapan pegawai di lingkup Gedung Sate diisolasi di Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) setelah diketahui terpapar COVID-19. Sementara itu 14 orang lainnya melakukan isolasi mandiri di kediamannnya masing-masing.

Ketua Harian Satgas COVID-19 Daud Achmad mengatakan, alasan delapan pegawai tersebut diisolasi di BPSDM karena tak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. "Dari sekian orang, ada delapan orang diisolasi BPSDM Jabar. Lainnya kebanyakan isolasi mandiri di rumah, kebanyakan memang tanpa gejala atau gejala ringan dan bisa dirawat di rumah," kata Daud saat dihubungi, Kamis (3/6/2021).

Daud menjelaskan pegawai yang terpapar ini merupakan PNS dan non-PNS, di antaranya pegawai magang. Mereka melakukan perjalanan ke sebuah kementerian di Jakarta setelah Lebaran.

"Ke kementerian ya saya dengar, belum tahu kementerian apa. Hasil penelusuran memang beberapa di antaranya sempat ke luar kota untuk dinas itu," kata Daud.

Sebanyak 32 pegawai (Satgas sebelumnya menyebut 31) di lingkungan Gedung Sate terpapar Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan kejadian mereka tertular COVID-19 usai Lebaran.

"Kami langsung melakukan tracing kepada seluruh yang terpapar, keluarganya, dan didapati fakta bahwa kejadiannya adalah pascalebaran, di saat ada satu rombongan ke Jakarta melakukan pertemuan di kementerian. Kemudian dari situ ternyata menjadi sumber keterpaparan," ujar Ridwan Kamil dalam keterangannya, Kamis (3/6/2021).

Lihat juga Video: Ribuan Pelaku Buparekraf Bandung Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap II

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2