11 Orang Terjebak di Dermaga Bagal Batre Sukabumi Berhasil Dievakuasi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 15:15 WIB
11 orang yang terjebak di Dermaga Bagal Batre berhasil dievakuasi
11 orang yang terjebak di Dermaga Bagal Batre berhasil dievakuasi (Foto: Dok Sarda Ciracap)
Sukabumi -

11 orang dikabarkan terjebak di eks Dermaga Bagal Batre, Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Proses evakuasi sempat terhambat tingginya gelombang di sekitar lokasi.

Petugas Sar Daerah (Sarda) mengerahkan tim untuk mengevakuasi mereka, kabar terakhir saat ini 11 orang tersebut berhasil diselamatkan ke pesisir Ujung Genteng.

"Alhamdulillah proses evakuasi berjalan lancar, seluruh wisatawan dan pemancing yang sebelumnya terjebak berhasil kami evakuasi," kata Noyief Naretsya, Humas Pos Sarda Ciracap kepada detikcom, Minggu (30/5/2021).

Selain personel selam, Sarda juga mengerahkan tim darat satu persatu korban dijemput menggunakan peralatan berupa tali tambang sepanjang 60 meter dan pelampung. Satu persatu korban menyusuri tambang hingga ke pesisir.

"Jadi estafet, dari tambang ke perahu kemudian ke perahu lagi sampai ke pesisir. Masing-masing korban didampingi tim selam," ujar Noyief.

Posisi dermaga Bagal Batre berada di perairan Ujung Genyeng, sisa reruntuhan bangunan dermaga itu menjulang diatas permukaan air. Ketika kondisi air surut, maka siapapun bisa naik ke atas reruntuhan bangunan. Itu juga yang dialami oleh 11 orang yang terjebak.

"Pagi mereka ke situ, sesampainya disana air pasang. Sehingga terjebak di tengah-tengah, gelombang dan ombak juga berbahaya, begitu mendapat laporan kami segera ke lokasi dan mengupayakan proses evakuasi," bebernya.

Identitas mereka yang terjebak antara lain :

1. Nama : Kiki
Umur : 60 tahun

2. Nama : Oneng
Umur : 63 tahun

3. Nama : Rendi
Umur : 26 tahun

4. Nama : endi
Umur : 32 tahun

5. Nama : Solihin
Umur : 31 tahun

6. Nama : Soleh
Umur : 34 tahun
Alamat : Kp.Lio RT.002/001 Des.Geger. Bitung Kec.Geger Bitung Kab.Sukabumi.

7. Nama : Supriatna
Umur : 20 tahun

8. Nama : Kusniawan
Umur : 15 tahun

9. Nama : Dedi Supriadi
Umur : 35 tahun

10. Nama : Abdul Kholik
Umur : 35 tahun

11. Nama : Anding
Umur : 38tahun
Alamat : Kp.Cijurang RT.002/008
Bogor Desa Sukaharja Kec.Cijeruk Kab.Bogor

(sya/mud)