Alhamdulillah, Netizen Bantu Bangun Rumah Nenek Sebatang Kara di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 16:17 WIB
Ciamis -

Sunirah (75), nenek sebatang kara yang tinggal di gubuk reyot di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, viral di media sosial. Komunitas Sejatinya Sahabat (SNS) dan netizen langsung mengumpulkan donasi untuk membangun rumah nenek Sunirah yang layak.

Dalam waktu singkat, komunitas SNS dan netizen youtuber dan tiktok berhasil mengumpulkan donasi dibantu para dermawan yang cukup untuk membangun rumah layak huni bagi Sunirah

"Awalnya kami SNS, komunitas yang bergerak di bidang sosial mendapat laporan dari anggota kami dan dari netizen mengenai rumah nenek Sunirah yang kondisinya memprihatinkan," ujar Asep Rio Sudrajat, Pembina Komunitas SNS saat ditemui di lokasi, Sabtu (29/5/2021).

Setelah keberadaan nenek Sunirah viral, komunitas dan para netizen ramai-ramai menyumbang sampai akhirnya terkumpul biaya untuk pembangunan rumah.

"Syukur Alhamdulillah sudah terealisasi dari warga Tiktok dan Youtuber membantu mendonasikan rezekinya. Nominalnya sudah cukup dan bisa membangun rumah yang layak seperti yang lainnya," kata Rio.

Rio mengaku secepatnya akan segera membeli material bangunan yang diperlukan. Kemudian bermusyawarah dengan warga untuk teknis pembangunannya termasuk mencari para pekerja bangunannya.

"Insya Allah secepatnya, hari ini juga kami langsung belanja material bangunan. Besok akan dimusyawarahkan, yang penting nenek Sunirah tinggal di rumah layak termasuk untuk sarana MCKnya," jelasnya.

Rio mengaku saat mendapat kabar kondisi memprihatinkan tersebut langsung meneteskan air mata. Namun berkat bantuan dari warga netizen, rumah layak untuk nenek Sunirah bisa terwujud.

Sementara itu, Kepala Dusun Cacaban Ohar mengucapkan terima kasih kepada warga netizen tiktok dan youtuber serta komunitas yang telah membantu untuk membangun rumah warganya. Dengan kejadian viral ini akan menjadi kebaikan untuk kedepannya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu. Semoga amal kebaikannya dibalas oleh yang maha kuasa dan dilimpahkan rezekinya. Kami warga disini pun sudah berupaya maksimal membantu," ucapnya.

(ern/ern)