Menguak Kisah Mistis di Balik Rumah Mewah Terbengkalai di Parongpong

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 14:39 WIB
Rumah Mewah dan Mobil Terbengkalai di Bandung
Foto: Tangkapan layar akun YouTube Sang Penjelajah Amatir
Bandung Barat -

Sebuah rumah merangkap villa yang megah di Bandung Barat kini menjadi sorotan. Rumah yang kabarnya terbengkalai selama 20 tahun itu memunculkan kesan angker dan kisahnya viral di media sosial.

Lokasi rumah terbengkalai tepatnya berada di Kampung Cihanjuang, RT 03/08, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Warga setempat sudah tidak asing dengan keberadaan rumah tersebut. Banyak desas desus dan kabar tak sedap dari rumah yang dimiliki oleh seorang pengusaha asal Banjaran, Kabupaten Bandung, bernama Heri itu.

Sebagai bangunan yang sudah lama tak dihuni dan dibiarkan tak terurus, lumrah bila hal mistis menyeruak dari rumah tersebut. Kendati tak semua orang di sekitar bangunan itu mengalami hal ganjil yang mampu membuat bulu kuduk bergidik.

Seperti yang dikatakan oleh Nenih (60), warga yang rumahnya berada persis di balik benteng tinggi pembatas rumah terbengkalai. Ia acap kali mendengar suara ramai dari area rumah terbengkalai tersebut. Tak terlalu sering, namun beberapa kali saat malam hari suaranya terdengar jelas baginya.

"Ya sempat dengar beberapa kali, seperti ada keramaian di rumahnya. Padahal kan sudah lama enggak ada penghuninya," kata Nenih kepada detikcom, Sabtu (29/5/2021).

Belum lagi bau kemenyan yang menyeruak tatkala dirinya sedang beres-beres makam keluarganya. Kebetulan makam keluarga itu berada tepat di sebelah benteng bagian belakang rumah mewah tersebut.

"Selama saya ngurus makam keluarga engga pernah kecium bau menyan. Tapi waktu itu sekali pernah cium bau menyan 'ngahiliwir' dari dalam rumah itu. Ya kaget, buru-buru pulang," terangnya.

Anak penjaga rumah tersebut Encang (30), mengatakan wajar bila warga di sekitar rumah terbengkalai ini kerap mendapati hal-hal di luar nalar yang berkaitan dengan kehadiran sosok astral.

Ia menyebut ada beberapa bagian di dalam halaman rumah yang dulunya berupa makam. Makam itu sendiri merupakan makam warga setempat yang tanahnya dibeli oleh pemilik pertama.

"Ya kalau kejadian seperti itu (mistis) pasti ada, saya juga beberapa kali mengalami seperti dengar suara dan lihat penanpakan perempuan tapi karena sudah terbiasa jadi enggak terlalu kaget. Sebenarnya di halaman rumah itu ada yang dulunya tanah makam, tapi dibeli dan sekarang jadi bagian rumah ini," kata Encang.

Suasana mistis yang terpancar dari rumah itu pastinya disebabkan oleh kondisi rumah yang tak terurus dan berantakan ditambah banyaknya taman liar yang menutupi bagian rumah hingga terkesan angker.

"Ini kan rumahnya juga dikelilingi pohon yang besar-besar, jadi mungkin banyak yang merasa seram karena sudah lama juga dibiarkan tanpa dirawat. Wajar sebetulnya, tapi kalau warga ya sudah biasa," tandasnya.

Hingga kini tak jelas apakah rumah itu akan kembali diperbaiki oleh pemiliknya, dibiarkan terbengkalai, ataupun akan dijual. Mengingat Heri sang empunya rumah kini tak jelas keberadaannya.

Simak juga 'Cerita Mistis Kolam Renang di Pacitan yang Bikin Merinding':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)