Salut! Driver Ojol Bandung Lucuti Baju demi ODGJ Bugil, Ini Cerita di Baliknya

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 16:31 WIB
Driver Ojol Bandung Berikan Baju untuk ODGJ
Driver ojol di Bandung saat melucuti baju miliknya untuk diberikan kepada ODGJ (Foto kiri: tangkapan layar video viral). Sosok driver ojol bernama Arrijalilludin saat diwawancara detikcom (Foto kanan: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Driver ojek online (ojol), Arrijalilludin (30), membetot perhatian publik gegara aksinya memberikan pakaian kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kota Bandung, Jawa Barat. Rekaman video tersebut viral di media sosial (medsos).

Video tersebut viral setelah dibagikan akun medsos @beritakotabandung dan dibagikan kembali oleh akun medsos lainnya. Dalam video itu, Ari melucuti celana panjang dan baju yang dikenakannya, lalu memberikannya kepada ODGJ bugil yang tengah melintas di Jalan BKR atau Taman Tegallega.

Demi pria ODGJ itu, Ari pulang hanya mengenakan celana pendek dan jaket ojol. Kepada detikcom, Ari bercerita di balik aksinya tersebut.

"Kemarin (kejadiannya), kasihan kepada ODGJ tersebut enggak menggunakan pakaian. Kita harus saling tolong menolong. Selagi saya mampu, saya bantu," kata Ari di sekitar Terminal Cicaheum Bandung

Tak mudah bagi Ari membujuk ODGJ tersebut untuk mau mengenakan kaus merah lengan pendek dan celana panjang yang diberikannya. Ari terus berusaha meyakinkan pria ODGJ itu.

"Tadinya dia (ODGJ) enggak mau. Sama saya terus dibujuk. Bujuk-bujuk, akhirnya mau," ucap Ari.

Ari mengaku spontanitas memberikan pakaiannya. Saat itu, Ari tengah mencari orderan. Bahkan, Ari tidak mengetahui siapa yang merekam saat ia melucuti pakaian, lalu memberikan kepada ODGJ.

Menurutnya, aksi tersebut baru kali pertama dilakukan. "Saya merasa kasihan saja, ODGJ itu tanpa busana," katanya.

Driver ojol ini tidak merasa jijik meski tubuh ODGJ tersebut kotor. "Jangan melihat orang sebelah mata, kita sesama manusia harus saling menolong, tanpa melihat itu siapa. Saya ikhlas niat bantu ODGJ tersebut," tutur Ari.

Simak juga 'Kategori Masyarakat Penerima Vaksinasi COVID-19 Gelombang 3':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/bbn)